Soal Provinsi Ibu Kota, Ini Kata Presiden Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 17 Desember 2019 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 337 2143111 soal-provinsi-ibu-kota-ini-kata-presiden-jokowi-UMjtJW65XA.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: MNC Media)

SEPAKU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerangkan, pemerintah tengah mengkaji soal pembentukan provinsi baru untuk wilayah administratif ibu kota yang baru yang berada di sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Jokowi menjelaskan, dari total luas ibu kota yang baru yang mencapai 256 ribu hektare hanya akan digunakan 56 ribu hektare untuk ibu kota. Selain itu, di ibu kota baru itu juga akan dibahas soal city manager yang bertugas untuk mengatur kota.

"Ini yang sedang diproses, apakah ini kita sebut sebagai sebuah kota, yang nanti akan ada di situ city manajernya atau kah sebuah provinsi. Ini yang akan segera diputuskan," kata Jokowi di Sepaku, Panajem Paser Utara, Kaltim, Selasa (17/12/2019).

 Baca juga: Temui Tokoh Adat Kaltim, Jokowi Minta Izin Bangun Ibu Kota Baru

Jokowi mengatakan, pihaknya akan membentuk Badan Otoritas Ibu Kota pada akhir Desember, atau paling lamban pada awal Januari 2020.

 Baca juga: Mahfud MD Ungkap 5 Fokus Utama Pemerintah untuk Pembangunan di Papua

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu belum mau mengungkapkan siapa saja kandidat yang akan menjabat Kepala Badan Otoritas Ibu Kota tersebut.

"Kandidatnya banyak tapi belum," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini