Dewan Pers Ibaratkan Informasi seperti Oksigen

Achmad Fardiansyah , Okezone · Selasa 17 Desember 2019 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 337 2143060 dewan-pers-ibaratkan-informasi-seperti-oksigen-lklGyqj4F9.jpg Ketua Dewan Pers M. Nuh (Foto : Okezone.com/Achmad Fardiansyah)

JAKARTA - Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh mengibaratkan informasi tidak ada bedanya dengan oksigen yang menjadi kebutuhan setiap waktu. Jika oksigen itu baik, kata M. Nuh, maka akan sehat untuk dihirup, sementara itu jika oksigen itu terkontaminasi maka tentu saja akan berbahaya.

Karena itu, dirinya pun berpesan agar produsen informasi harus dapat menghasilkan informasi yang sahih. "Dengan begitu, sehingga yang kita hirup adalah informasi yang menyehatkan," katanya dalam diskusi 'Refleksi Kebebasan Pers Tahun 2019 dan Peluncuran Buku Mengenal Dewan Pers" di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selasa (17/12/2019).

Dewan Pers

Untuk itu, M Nuh meminta agar dalam mengupdate kompetisi para jurnalis sebagai produsen informasi, memastikan terlebih dulu hasil informasi dalam bentuk berita dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Dewan pers mengajak untuk melakukan upgrade atau pelatihan kepada jurnalis kita. Karena zaman terus mengalami perubahan," ungkapnya.

Kemudian, selain kemampuannya diupdate, Dewan Pers juga meminta agar para jurnalis diperhatikan dalam perlindungan selama melakukan tugas kejurnalistiskan.

"Maka kami ucapkan terima kasih kepada kepolisian yang telah bekerja sama dengan dewan pers dalam rangka menyelesaikan persengketaan produk Jurnalistik, kemudian rasanya susah berharap produk jurnalistik berkualitas kalau kesejahteraan jurnalisnya dibawah standar," kata dia.

Di era digital yang berkembang dengan pesat. Dewan Pers meminta perusahaan media untuk terus membuat terobosan baru untuk mempertahankan eksistensinya. "Mengutip kalimat Darwin, makhluk yang bertahan itu bukan dia yang cerdas namun mereka yang mampu menyesuaikan perubahan," katanya.

Baca Juga : Identitas Kepala Daerah yang Miliki Rekening Kasino Sudah Diketahui KPK

Kemudian, M Nuh juga menghimbau kepada perusahaan Media diminta untuk memverifikasi medianya kepada Dewan Pers. Media yang sudah diverifikasi merupakan sebagai bentuk perlindungan kepada jurnalis agar tidak mengalami kriminalisasi.

"Apa yang dilakukan Dewan Pers itu semata-mata untuk memberikan perlindungan ke media dan menanamkan rasa tanggungjawab. Karena kemerdekaan pers tanpa tanggung jawab, tidak bisa," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini