Temui Tokoh Adat Kaltim, Jokowi Minta Izin Bangun Ibu Kota Baru

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 17 Desember 2019 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 337 2142922 temui-tokoh-adat-kaltim-jokowi-minta-izin-bangun-ibu-kota-baru-LO4o6LkKef.jpg Presiden Jokowi saat bertemu tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur di Balikpapan, Selasa (17/12/2019). (Foto : Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

BALIKPAPAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan tertutup dengan para tokoh masyarakat dan adat di Kalimantan Timur (Kaltim). Pertemuan itu berlangsung di Rumah Makan De Bandar, Balikpapan, Selasa (17/12/2019).

Jokowi bertemu para tokoh masyarakat Kaltim itu sebelum meninjau ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara. Terdapat sekitar dua puluh tokoh adat dan masyarakat yang bertemu Jokowi.

Jokowi menyampaikan ucapan permisi kepada masyarakat setempat terkait rencana pemindahan ibu kota.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur sudah melalui sebuah kajian dan proses yang panjang.

Presiden Jokowi. (Foto: @KemensetnegRI)

"Proses pemilihan ibu kota melalui sebuah kalkulasi dan proses panjang dan disampaikan kepada saya," ujar Jokowi.

Selain itu, dia mengatakan pemindahan ibu kota ke sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara bukan sekadar perpindahan lokasi, tapi juga sebuah transformasi.

"Ada sebuah transformasi pindahnya budaya kerja, pindahnya sistem kerja kita, pindahnya pola pikir kita, ya semuanya dengan kepindahan ini," kata dia.


Baca Juga : Pemerintah Akan Bentuk Provinsi di Lokasi Ibu Kota Baru

Dalam pertemuan tersebut Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Baca Juga : Mahfud MD Ungkap 5 Fokus Utama Pemerintah untuk Pembangunan di Papua

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini