Mahfud MD Ungkap 5 Fokus Utama Pemerintah untuk Pembangunan di Papua

Sarah Hutagaol, Okezone · Selasa 17 Desember 2019 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 337 2142869 mahfud-md-ungkap-5-fokus-utama-pemerintah-untuk-pembangunan-di-papua-8Kh1GwJYKQ.jpg Menko Polhukam, Wiranto (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan kalau terdapat lima fokus utama pemerintah dalam melakukan pembangunan di Papua.

Mahfud mengungkapkan, bahwa kelima fokus utama tersebut adalah infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), pendidikan, kesehatan, dan pelayanan masyarakat.

"Fokus-fokusnya ke situ nantinya. Gitu ya," ucap Mahfud MD dalam acara Konferensi Pembangunan Papua di Hotel JW Mariot, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2019).

 Baca juga: Pemerintah Akan Bentuk Provinsi di Lokasi Ibu Kota Baru

Dijelaskan Mahfud, kalau fokus pembangunan tersebut berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua barat.

Selain berdasarkan Inpres, upaya pembangunan Papua juga diberlakukan sejak adanya Undang-Undang Nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

"Sehingga kalau upaya-upaya pembangunan itu masih ada masalah, masih ada kendala di segi-segi mana, nanti akan didiagnosa oleh konferensi ini," terangnya.

 Baca juga: Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi Pusat Riset dan Inovasi Dunia

"Dan juga konferensi ini adalah wadah untuk memasarkan komoditas unggulan wilayah Papua, serta untuk memperkenalkan lebih jauh budaya masyarakat Papua," lanjut Mahfud MD.

Dengan berbagai upaya-upaya pembangunan di Papua tersebut, Mahfud menegaskan bahwa Papua merupakan bagian sah dari Indonesia. Sehingga, ia mengistilahkan membangun Papua adalah membangun Indonesia.

"Papua adalah bagian yang sah dari Republik Indonesia, sehingga asumsi dari seminar ini adalah bagaimana kita berpikir bahwa membangun Papua adalah membangun Indonesia," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini