Harapan Ketua PP Muhammadiyah ke Jokowi soal Sosok Dewas KPK

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 16 Desember 2019 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 16 337 2142618 harapan-ketua-pp-muhammadiyah-ke-jokowi-soal-sosok-dewas-kpk-U8jnnuZbez.jpg Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat memilih Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mempunyai integritas dalam pemberantasan Korupsi. 

"Dewas KPK itu mestinya diisi oleh orang-orang yang berintegritas,” kata Haedar di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Baca Juga: Beredar Sejumlah Nama Dewan Pengawas, Ini Tanggapan KPK

Dilanjutkan Haedar, siapa pun yang nantinya terlilih menjadi Dewas dapat merepresentasikan dari banyak kalangan untuk menjadikan KPK sebagai lembaga yang kredibel. “Sehingga bisa menjadi badan yang betul-betul kredibel,” ujarnya.

Presiden Jokowi Foto: Ist

Diketahui, keberadaan Dewas KPK diatur sebagaimana Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK yang merupakan hasil revisi. Sementara menurut Presiden Jokowi, penunjukan lima orang anggota Dewas KPK sudah final.

Meski demikian, Kepala Negara belum mau mengumumkan siapa kelima orang yang akan mengawasi kinerja lembaga antirasuah. "Sudah (final), tapi belum (diumumkan)," kata Jokowi.

Baca Juga: ICW : Siapapun yang Jadi Dewan Pengawas, Tidak Mengubah Keadaan KPK

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini