nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ma'ruf Amin Apresiasi Tugas PMI dalam Misi Kemanusiaan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 17:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 16 337 2142583 ma-ruf-amin-apresiasi-tugas-pmi-dalam-misi-kemanusiaan-yirmFqasDH.jpg Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Foto: Fahreza Rizky)

JAKARTA - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional XXI Palang Merah Indonesia (PMI) 2019 di Hotel Millennium, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019). KH Ma'ruf Amin didampingi Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) saat tiba di lokasi acara.

Ma'ruf mengatakan, tugas PMI sangat mulia untuk menolong sesama dalam misi kemanusiaan. Dia mengapresiasi kinerja PMI selama ini. Sejak terbentuk pada 17 September 1945 silam, PMI telah berkembang menjadi organisasi mandiri dengan reputasi yang sangat baik.

"Saya sangat mengapresiasinya," ucap Ma'ruf Amin di lokasi.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Dijadwalkan Buka Munas XXI PMI 

Mustasyar PBNU itu mencatat berbagai kontribusi PMI untuk misi kemanusiaan di Indonesia. Misalnya saja, dalam penanganan pasca-tsunami dan gempa bumi di Aceh dan Nias. PMI berkontribusi aktif mulai dari masa tanggap darurat sampai periode rehabilitasi dan rekonstruksi.

"PMI juga terlibat secara penuh dalam misi kemanusiaan pascagempa bumi di NTB, serta gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah," ucapnya.

Munas PMI 

Ma'ruf juga memaparkan kontribusi PMI untuk misi kemanusiaan internasional pada saat krisis di Rohingya, bencana Topan Haiyan Filipina, serta Gempa di Jepang. Khusus untuk misi kemanusiaan di Rohingya, PMI bahkan telah menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine, Myanmar, yang dibangun sejak tahun 2017 bersama Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi).

"Atas semua capaian dan prestasi PMI sampai saat ini, saya ingin menyampaikan selamat dan penghargaan kepada seluruh pengurus, jajaran, serta relawn PMI di seluruh Indonesia," ujar Ma'ruf.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Minta Ormas Islam Amankan Program Pemerintah  

Setelah berpidato, Ma'ruf membuka secara resmi Musyawarah Nasional XXI PMI. Adapun tema perhelatan akbar acara ini yakni "Kerjasama untuk Kemanusiaan."

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini