nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bupati Puncak Nilai Papua Harusnya Miliki 6 Provinsi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 16:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 16 337 2142538 bupati-puncak-nilai-papua-harusnya-miliki-6-provinsi-TeD9tyjcZZ.jpg Bupati Puncak Papua, Willem Wandik (foto: inews)

JAKARTA - Bupati Puncak Willem Wandik menilai bahwa idealnya jumlah provinsi di Papua sebanyak enam provisi. Menurut dia, saat ini infrastruktur bagi masyarakat agar mudah dilayani saja masih terbilang sulit.

"Efektif harus dibentuk (provinsi) baru itu empat. Jadi Provinsi Papua dan Papua Barat (yang ada sekarang). Yang barunya dibentuk empat lagi. Jadi total enam provinsi. Karena jarak jangkauannya cukup jauh, medannya luasnya," kata Willem saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019).

 Baca juga: Pengungsi Nduga Diimbau Kembali ke Rumah Jelang Natal

Politisi PDI Perjuangan ini menilai, penambahan 4 provinsi baru di Tanah Papua sangat penting dan strategis guna kepentingan nasional maupun bagi pelayanan masyarakat Papua. Dengan begitu, rentang kendali pemerintahan untuk melayani masyarakat bisa semakin baik.

"Mengapa kita harus lakukan (mekarkan-red)? Karena rentang kendali pemerintahan ini juga sangat membutuhkan kehadiran negara," jelasnya.

Ia pun berharap pemekaran provinsi di Papua bisa segera terwujud. Apalagi, Presiden Jokowi dan DPR sudah memberikan persetujuan adanya daerah otonomi baru (DOB) di Tanah Papua.

Menurut Willem, pemekaran bisa dilakukan terlebih dahulu untuk membentuk tiga provinsi baru. Pertama Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan Tengah, dan Provinsi Papua Selatan.

"Saya harap pemekaran yang diusulkan, Papua Tengah, Papua Pegunungan Tengah, Papua Selatan, dipertimbangkan oleh pemerintah dengan hasil kajian yang sudah disiapkan," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini