nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tantangan Kabareskrim Irjen Listyo Sigit, dari Kasus Novel hingga Pilkada 2020

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 16:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 16 337 2142523 tantangan-kabareskrim-irjen-listyo-sigit-dari-kasus-novel-hingga-pilkada-2020-kzed0uUm5I.jpg Kabareskrim Irjen Listyo Sigit Prabowo.

JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis resmi melantik Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Listyo disebut memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk menuntaskan kasus yang menyita perhatian publik, satu di antaranya adalah teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Selain kasus Novel, Listyo juga akan menghadapi momentum Pilkada 2020, yang diperkirakan muncul kasus tertentu yang dibawa ke ranah pidana dan perlu ditangani Bareskrim.

"Paling menyita perhatian publik adalah kasus Novel, selain itu Pilkada Serentak 2020 juga menanti karena seiring kesadaran hukum yang baik, diperkirakan banyak kasus pilkada yang akan dibawa ke ranah hukum, dan tentu saja Bareskrim akan terlibat," kata Pengamat Keamanan dan Intelijen, Stanislaus Riyanta kepada Okezone, Senin (16/12/2019).

Stanislaus menuturkan, Listyo harus mampu mengungkap kasus Novel sebagai tuntutan Kabareskrim yang baru. Kasus ini menjadi berlarut-larut karena tingkat kesulitannya tinggi dan ditengarai kuat unsur politiknya.

Bareskrim Polri.

"Perlu kecermatan dan tentu saja keberanian untuk mengungkap kasus ini," tukas dia.

Ia mengatakan, keputusan Kapolri Jenderal Idham Azis menunjuk Listyo menjadi Kabareskrim sudah tepat. Dia pun yakin Listyo dapat bekerja dengan baik di posisi tersebut.

"Saya kira sudah tepat, tidak perlu meragukan keputusan Kapolri, kemampuan Irjen Listyo tidak perlu diragukan, sebagai mantan Ajudan Presiden tentu Irjen Listyo punya kemampuan yang unggul," jelas Stanislaus.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tinggi (pati). Satu di antara pati yang melaksanakan sertijab adalah Irjen Listyo Sigit Prabowo. Jenderal bintang dua itu mengisi jabatan Kabareskrim Polri.

Usai dilantik, Listyo berjanji akan menuntaskan kasus teror terhadap Novel Baswedan. "Masalah Novel Baswedan, itu tentunya akan segera kita konsolidasikan untuk kemudian kita upayakan secepatnya melakukan penguatan, setelah ini saya akan segera konsolidasikan seluruh tim teknis dan secepatnya akan kita ungkap, doakan," katanya di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin 16 Desember 2019.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini