Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi Pusat Riset dan Inovasi Dunia

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 16 Desember 2019 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 16 337 2142507 jokowi-ingin-ibu-kota-baru-jadi-pusat-riset-dan-inovasi-dunia-bKGlNJYc1j.jpg Foto: Biro Pers Setpres

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pemindahan ibu kota baru menjadi mesin penggerak smart ekonomi. Sehingga, rancangan ibu kota baru tidak hanya berupa smart metropolis.

"Yang nyaman, yang humanis yang zero emition. Tapi akan memiliki penanda bahwa negara kita telah melakukan transformasi ekonomi ke smart ekonomi," kata Jokowi dalam rapat terbatas 'Persiapan Pemindahan Ibu Kota' di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Jokowi menerangkan, ibu kota yang baru akan dibangun berdasarkan konsep kluster-kluster seperti kluster pendidikan, kluster riset, hingga kluster bangunan untuk riset dan inovasi.

Baca Juga: Pesan Jokowi soal Pemindahan Ibu Kota, Tingkatkan Produktivitas hingga Kreativitas

"Saya membayangkan dibangun lembaga pendidikan tinggi yang kelas dunia, yang bisa menciptakan talenta-talenta top global secara tepat," papar dia.

Jokowi ingin ibu kota baru menjadi pusat riset dan inovasi kelas dunia. "Yang menjadikan ibu kota baru ini sebagai global inovation Hub menjadi titik temu inovasi global. Dan sudah saatnya talenta-talenta Indonesia, talenta global berkolaborasi mengebangkan smart energy, smart food production yg akan menciptakan lapangan kerja baru bagi anak anak muda," jelas dia.

Komik Jokowi Ibu Kota

Kepala Negara juga ingin pembangunan ibu kota dilakukan secara smart. Ia tak ingin pembangunan ibu kota baru itu dilakukan dengan cara-cara lama baik dari sisi anggaran maupun dari sisi pembiayaannya.

"Kita harus berani menggunakan cara cara baru yang lebih kreatif termasuk dalam pemanfaatan teknologi-teknologi inovasi dg bantuan talenta-talenta hebat yang kita miliki, yang berada di dalam negeri maupun saat ini belajar di berbagai negara di luar negeri," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini