nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 15 Desember: Nelson Mandela Dimakamkan hingga Meninggalnya Walt Disney

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Minggu 15 Desember 2019 06:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 15 337 2142060 peristiwa-15-desember-nelson-mandela-dimakamkan-hingga-meninggalnya-walt-disney-y9nqzrGaJN.jpg Nelson Mandela semasa hidup. (Foto : Reuters)

JAKARTA – Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik di dalam maupun luar negeri yang terjadi pada 15 Desember tiap tahunnya. Beberapa di antaranya adalah dimakamkannya Nelson Mandela hingga meninggalnya Kartunis Walt Disney.

Untuk mengingat kembali, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting pada 15 Desember dari Wikipedia, antara lain:

1. Pemakaman Nelson Mandela

Nelson adalah seorang revolusioner antiapartheid dan politikus Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Dia dimakamkan pada 15 Desember 2013.

Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.

Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999.

Nelson Mandela (foto: Wikipedia)

2. Samoa menjadi anggota PBB

Samoa adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan yang terdiri atas 2 pulau utama dan 7 pulau kecil. Letaknya sekitar setengah jarak perjalanan dari Selandia Baru ke Hawaii.

Samoa termasuk ke negara yang mempunyai wilayah terkecil di dunia. Negara Samoa berbatasan dengan Fiji, Tonga, dan Vanuatu di sebelah barat daya, Kepulauan Cook sebelah selatan, dan Kepulauan Tokelau di sebelah utara, serta Tuvalu di sebelah barat laut. Secara resmi dikenal sebagai Negara Independen Samoa.

3. James Naismith Ciptakan Olahraga Basket

James Naismith adalah penemu olahraga bola basket dan orang pertama yang memperkenalkan pemakaian helm dalam olahraga American football.

4. Meninggalnya Walt Disney

Walt Disney

Walter Elias Disney atau lebih dikenal sebagai Walt Disney lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 5 Desember 1901 – meninggal di Burbank, California, Amerika Serikat, 15 Desember 1966 pada umur 65 tahun) adalah seorang produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara berkebangsaan Amerika Serikat.

Ia terkenal akan pengaruhnya terhadap dunia hiburan pada abad ke-20. Sebagai tokoh pendiri Walt Disney Productions (bersama Roy O. Disney), Disney menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia. seorang penerbit film tersohor di dunia. Perusahaan yang didirikannya, kini dikenal sebagai The Walt Disney Company, saat ini memiliki pendapatan tahunan sekitar 35 miliar dolar AS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini