nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PT KCI Klaim KRL Ramah untuk Para Tunanetra

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 13:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 337 2141766 pt-kci-klaim-krl-ramah-untuk-para-tunanetra-w3dAB541i2.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) mengklaim pihaknya telah menjamin memberikan fasiltas yang layak bagi penyandang disabilitas.

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengatakan pelayanan dan fasilitas bagi kaum disabilitas yang diberikan di PT KCI sudah sesuai dengan Permenhub Nomor 63 tentang Standar Pelayanan Minimum (SPM).

"Pemberian pelayanan kepada seluruh pengguna KRL diberikan sesuai dengan SPM yang sudah ditentukan oleh Kementerian Perhubungan sebagai regulator," katanya kepada Okezone, Jumat (13/12/2019).

Anne mengungkapkan penumpang dengan disabilitas termasuk penyandang tunanetra menjadi salah satu kategori penumpang yang diprioritas untuk mendapatkan perhatian dan pelayanan lebih.

Lipsus Pengamen Tunanetra (Foto: Okezone)

"Ini juga merupakan komitmen PT KCI dalam pelayanan kepada penumpang dengan disabilitas," ujarnya.

Sebagai bentuk fasilitas PT KCI yang diperuntukan bagi kaum difabel yakni diantaranya membuat aksesibilitas yang disiapkan adalah jalur Guiding Block di stasiun, kursi roda yang tersedia di tiap Stasiun, serta tempat duduk untuk penumpang prioritas.

"Stasiun-stasiun yang telah direnovasi juga dilengkapi dengan lift dan Eskalator (antara lain Stasiun Maja, Parung Panjang, Kebayoran, Palmerah, Klender, Klender Baru, Buaran, Cakung, Kranji, Bekasi Timur)," bebernya.

Tidak hanya itu, Ane melanjutkan PT KCI juga meluncurkan fasilitas terbaru untuk penumpang penyandang disabilitas saat peringatan Hari Disabilitas Internasional 3 Desember lalu. Fasilitas ini adalah ruang pusat layanan disabilitas di Stasiun Juanda.

"Pengguna dengan disabilitas dapat memanfaatkan ruangan ini untuk memastikan kebutuhannya saat menggunakan KRL terpenuhi dengan baik. Di sini pengguna juga dapat menyampaikan masukan seputar layanan disabilitas serta informasi seputar pelayanan PT KCI secara umum," lanjutnya.

Kemudian, PT KCI juga memperkenalkan nomor khusus layanan disabilitas +6281296605747 yang dapat dihubungi melalui telepon, SMS, dan layanan whatsapp. Sebelum bepergian menggunakan KRL Commuter Line, pengguna jasa kaum disabilitas dapat menghubungi nomor telepon tersebut dan menginformasikan perkiraan waktu kedatangannya di stasiun keberangkatan.

"Selanjutnya petugas di stasiun keberangkatan akan berkoordinasi dengan petugas di dalam KRL maupun petugas di stasiun tujuan. Petugas akan senantiasa membantu pengguna jasa dengan disabilitas tak hanya sesampainya di stasiun tujuan, tapi juga mengantarkan hingga pengguna hendak menggunakan moda transportasi lanjutan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini