Hari Nusantara, Rescue Perindo Maknai Pentingnya Persatuan dan Kesatuan

Amril Amarullah, Okezone · Jum'at 13 Desember 2019 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 337 2141726 hari-nusantara-rescue-perindo-maknai-pentingnya-persatuan-dan-kesatuan-WVZTA0V6UB.jpg Rescue Perindo (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Rescue Perindo memaknai Hari Nusantara atau Hari Kesatuan Nasional sebagai momentum untuk mengingat betapa pentingnya arti persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hari Nusantara diperingati setiap 13 Desember sejak 61 tahun lalu. 

"Semangat tentang rasa kesatuan yang harus terus kita dibangun. Di peringatan Hari Nusantara ini kita harus selalu mengingat akan pentingnya persatuan dan kesatuan,” kata Denny Adin, Jumat (13/12/2019).

Adin mengatakan, bicara mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan telah terpampang jelas dalam Semboyan Bhineka Tunggal Ika. Artinya, moto berbeda-beda tetap satu harus terus diimplementasikan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Dongkrak Kemandirian Ekonomi Rakyat, Rescue Perindo Ajarkan Warga Budidaya Lele

Meski, Indonesia terdapat berbagai macam suku, agama, bahasa, dan budaya adat istiadat tetap harus dalam satu kesatuan bangsa dan negara Indonesia. Saling menghargai antar-individu, baik dari ras, suku, agama, etnis dan lain sebagainya harus terus dipupuk karena Indonesia adalah negara kepulauan.

Momen Hari Nusantara ini untuk memperingati pencetusan Deklarasi Djuanda yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar seluas 12 mil, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.

“Negara ini kuat dan besar karena saling bersatu. Negara ini bisa maju karena kita saling bersatu. Deklarasi Djuanda adalah sebuah pelengkap dari berbagai kepingan rasa ke-Indonesia-an yang kuat demi mewujudkan persatuan maupun kesatuan bangsa dan negara ini,” kata Adin.

Baca Juga: Gerkindo Siap Perkuat Pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Prioritas

Dari sisi politik demokrasi, Ketua DPP Rescue Perindo ini menyatakan semangat persatuan dalam upaya merajut persaudaraan dalam bingkai NKRI yakni dengan hadirnya Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di tengah masyarakat.

“Partai Perindo tidak hanya sekadar nama saja. Kita mewujudkannya dalam banyak hal, di mana Perindo memiliki kepengurusan yang tersebar ke seluruh wilayah nusantara, di setiap penjuru daerah dari Sabang hingga Merauke. Ini sebagai bentuk kesatuan dan saling menguatkan satu sama lain,” ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini