Jadi Wantimpres, Pakde Karwo Sudah Berkomunikasi dengan SBY

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 13 Desember 2019 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 337 2141701 jadi-wantimpres-pakde-karwo-sudah-berkomunikasi-dengan-sby-FgJ2Gwhw1w.jpg Soekarwo

JAKARTA - Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo memastikan dirinya sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelum dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Pria yang karib disapa Pakde Karwo itu memastikan dirinya dipersilakan untuk menjadi Wantimpres. Lagi pula, ia mengklaim sudah lama keluar dari partai berlambang bintang mercy itu.

"Oh sudah (berkomunikasi). Prinsipnya silakan karena memang aturan perundangannya bisa," kata Soekarwo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Baca Juga: Puan Harap Wantimpres Berikan Masukan yang Strategis & Konkret

Pakde Karwo akan menyoroti soal pertumbuhan ekonomi guna memberikan masukan dan pertimbangan yang tepat untuk Presiden Jokowi. Ia ingin pemerintah bisa memberikan pendampingan yang baik bagi para pelaku usaha.

"Biasanya di dalam Indeks tendensi konsumen yang kurang bagus itu harus ada kebijakan yang afirmatif terhadap yang tidak efisien, yaitu misalkan UMKM. Dari produksi pembiayaan pasarnya itu ada pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah. Karena itu jumlahnya sangat besar, 53 persen ekonomi kita di PDB dari small medium micro business," ujarnya.

SBY

Ia turut menyoroti keinginan Jokowi yang ingin melakukan reformasi birokrasi. Menurut dia, Presiden ingin melakukan reformasi dari sistem birokrasinya terlebih dahulu, baru melakukan reformasi di ASN seperti pemangkasan jabatan eselon III-IV.

"Pemangkasan itu eselon III jadi administrator. Fungsinya jadi administrator. Eselon IV-nya jadi mengawasi setelah implementasi. Kan monitoringnya harus dilakukan. Setelah perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan ada monitoring," ujarnya.

Baca Juga: Jabat Ketua Wantimpres, Wiranto Punya Harta Rp542 Miliar

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini