Penggusuran Tamansari Bandung, Ketua DPR: Seharusnya Dibicarakan Secara Mufakat

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 13 Desember 2019 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 337 2141673 penggusuran-tamansari-bandung-ketua-dpr-seharusnya-dibicarakan-secara-mufakat-s6yzEaCmSa.jpg Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyayangkan adanya bentrokan antara masyarakat dengan pihak keamanan saat penertiban lahan Tamansari, Bandung, Jawa Barat, Kamis 12 Desember 2019. Penggusuran alangkah baiknya dapat dikedepankan melalui mufakat.

“Ya seharusnya setiap pengggusuran itu harus dibicarakan secara mufakat, kemudian masalah apa,” ujar Puan di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (13/12/2019).

Penggusuran Tamansari Bandung berujung ricuh

Puan menekankan, didalam penggusuran sebuah lahan jangan sampai itu malah merugikan masyarakat, apalagi bila dilakukan secara semena-mena.

“Karenanya harus ada pertimbangan-pertimbangan yang mengaitkan apakah ini tidak bisa dilakukan secara musyawarah atau ini memang terjadi hal-hal provokasi dan lain-lain,” tutur Puan.

Lebih jauh, Ketua DPP PDI Perjuangan ini berjanji bakal menelisik terkait apa permasalahan yang terjadi sehingga beruntut kepada bentrokan antara masyarakat dengan aparat.

“Jadi nanti saya akan saya lihat lagi sebenarnya permalsahannya yang ada di situ apa,” tandasnya.

Baca Juga : Polisi Dalami Video Viral Aparat Aniaya Warga saat Penggusuran Tamansari

Baca Juga : DPRD DKI Minta Penyelenggara DWP 2019 Taat Bayar Pajak

Sebagaimana diketahui proses penertiban di Tamansari kemarin memang sempat ricuh. Polisi pun melakukan tindakan tegas dengan menembakan gas air mata saat massa mencoba menghadang kendaraan berat.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini