nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pekan Depan Jokowi Akan Tentukan Klaster Pembangunan Ibu Kota Baru

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 18:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 13 337 2141670 pekan-depan-jokowi-akan-tentukan-klaster-pembangunan-ibu-kota-baru-S4rF1vQjqm.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan akan kembali meninjau ibu kota baru yang berada di Kalimantan Timur pada pekan depan.

Peninjuan itu, kata dia, untuk melihat titik mana saja yang akan dijadikan pusat pemerintahan. Jokowi akan berada di ibu kota baru itu selama tiga hari.

"Minggu depan, mungkin 2-3 hari saya akan berada di sana untuk memastikan titik mana yang, ini kan gede banget, titik mana yang akan dipakai untuk lokasi klaster pemerintahan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Jokowi

Baca Juga: Siang Ini Jokowi Umumkan Lokasi Resmi Ibu Kota Baru

Kepala Negara menerangkan bahwa ibu kota baru nantinya akan membangun banyak klaster mulai dari pemerintahan, pendidikan, kesehatan, hingga klaster yang diperuntukkan sebagai gedung-gedung pengembangan inovasi.

"Kan banyak klaster pemerintahan, pendidikan, kesehatan, inovasi. Ini titik klaster pemerintahan, artinya Istana ada di situ, kementerian ada di situ," ucapnya.

Jokowi enggan merinci apa saja tolak ukur dari penentuan klaster-klaster pembangunan ibu kota baru itu. Ia akan terlebih dahulu berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono dan arsitek yang membangun ibu kota baru tersebut.

"Nanti dilihat. Kalau sudah dilihat tentu saja kalau sudah ke sana, feelingnya dapat, baru nanti arsitek, urban planner, semua kumpul. Benar ini bisa, iya (putuskan)," pungkasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini