Alasan Jokowi Percayakan Wiranto, Sukarwo hingga Habib Luthfi Jadi Wantimpres

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 13 Desember 2019 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 337 2141645 alasan-jokowi-percayakan-wiranto-sukarwo-hingga-habib-luthfi-jadi-wantimpres-o6ImW9ez0x.jpg Pelantikan sembilan Dewan Pertimbangan Presiden di Istana Merdeka, Jakarta (Okezone.com/Fakhrizal)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sembilan tokoh yang dipercayakannya menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat, masukan dan pertimbangan ke Presiden.

"Urusan yang berkaitan dengan kapabilitas, integritas saya kira semuanya kita lihat. Saya kira beliau-beliau ini memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden baik diminta ataupun tidak minta. Saya kira beliau-beliau ini memiliki kapasitas," kata Jokowi usai melantik sembilan Wantimpres di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Jokowi Tunjuk Wiranto Jadi Wantimpres

Kesembilan Watimpres tersebut adalah mantan Menko Polhukam Wiranto yang dipercaya sebagai Ketua. Kemudian Sidarto Danusubroto, Mardiono (politikus senior PDIP), Dato Sri Tahir (bos Mayapada Group ), Putri Kuswisnu Wardani (bos Mustika Ratu), Agung Laksono (polikus senior Golkar), Arifin Panigoro (bos Medco Energi), Sukarwo (mantan Gubernur Jawa Timur) dan Habib Luthfi bin Yahya (tokoh Nahdlatul Ulama).wantimpres

Sembilan Wantimpres Jokowi berfoto bersama usai pelantikan (Okezone.com/Fakhri)

Jokowi yakin kesembilan tokoh tersebut ahli dan berpengalaman di bidangnya masing-masing.

"Ya ini kan di bidang masing-masing, ada yang berkaitan dengan sosial, keagamaan, ekonomi misalnya Pak Dato Tahir misalnya yang berkaitan dengan ekonomi kecil," jelasnya.

Kepala Negara memaparkan alasannya menunjuk Wiranto sebagai Ketua Wantimpres. Menurut dia, mantan Panglima ABRI itu merupakan sosok yang berpengalaman di bidang pemerintahan.

"Ya tadi kan saya sampaikan masalah pengalaman, track record, Pak Wiranto kan track record dan pengalamannya saya kira sudah panjang di pemerintahan, menangani banyak masalah. Memberi nasihat dan pertimbangan kepada Presiden," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini