nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PPATK Siap Bantu Wujudkan Pilkada 2020 Lebih Bersih

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 15:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 13 337 2141550 ppatk-siap-bantu-wujudkan-pilkada-2020-lebih-bersih-COJqfMy1xq.jpg Kepala PPATK Kiagus Ahmad (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyampaikan target atau proyeksi kerjanya pada tahun 2020. Melalui konferensi pers yang diadakannya, Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin menyatakan dukungannya dalam mewujudkan Pilkada serentak tahun 2020 yang jauh lebih bersih.

“PPATK akan mendukung sekaligus mewujudkan Pilkada serentak 2020 yang lebih bersih,” ungkap Kiagus Ahmad Badaruddin dalam Konferensi Pers Refleksi Akhir Tahun PPATK 2019, di Gedung PPATK, Jalan Juanda, Jakarta, Kamis (13/12/2019).

Ilustrasi

Bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), PPATK berkomitmen memantau Pilkada Serentak 2020. Tak hanya memantau, PPATK juga akan mencegah tindakan yang tidak jujur dalam Pilkada serentak mendatang. “PPATK juga membuat MOU dengan KPU dan Bawaslu guna kelancaran dalam Pilkada 2020,” lanjut Kiagus.

Sementara, Deputi Bidang Pemberantasan PPATK Firman Shantyabudi mengatakan pihaknya berharap para peserta Pilkada serentak 2020 lebih menaati peraturan yang sudah ada. “Belum konsistennya para pengguna rekening dana kampanye. Berapa (uang) yang masuk, berapa (uang) yang keluar dari rekening itu,” kata Firman.

Baca Juga : Prabowo Lapor ke Mahfud MD Terkait Alutsista hingga 3 WNI yang Disandera di Filipina

Firman juga menyatakan ada saja peserta pilkada yang tidak nyambung saat dimintai rekening dana kampanye. “Ini lucu, tapi tidak lucu. Yang diminta nomor rekening, yang dikirim nomor kredit. Ada juga yang seperti itu,” lanjut Firman.

Nantinya PPATK akan menyarankan peraturan baru mengenai batas pelaporan rekening dana kampanye. “Nantinya setiap peserta Pilkada harus mendaftarkan rekeningnya. Kalau tidak nanti di sanksi,” ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini