198 Ribu Anggota TNI-Polri Siap Amankan Perayaan Natal & Tahun Baru

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 13 Desember 2019 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 337 2141476 198-ribu-anggota-tni-polri-siap-amankan-perayaan-natal-tahun-baru-DYYOPbItPc.JPG Karo Penmas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono (Foto: Okezone.com/Puteranegara)

JAKARTA - Sebanyak lebih 198 ribu personel aparat keamanan akan dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Ribuan personel tersebut berasal dari unsur TNI-Polri hingga instansi terkait.

"Jumlah personel yang kita libatkan itu gabungan ya itu ada 198.807 ribu personel gabungan ada TNU, ada Satpol PP, kemudian kesehatan, ada dari Dishub," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono di Auditorium STIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Dalam pengamanan itu pihaknya juga menggelar operasi kemanusiaan dengan sandi Operasi Lilin 2019. Operasi tersebut fokus terhadap mengamankan kegiatan.

"Ini merupakan operasi kemanusiaan. Jadi, semua potensi TNI dan Polri kami berdayaan untuk menghadapi operasi ini," paparnya.

Diketahui sebelumnya Polri akan menggelar Operasi Lilin 2019 pada 23 Desember hingga 1 Januari 2020. Operasi itu sendiri dilakukan untuk pengamanan jelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019.

Argo menjelaskan, dalam Operasi Lilin tersebut, pihaknya saat ini tengah mengumpulkan sejumlah data dan informasi dari seluruh Polda untuk menjadi bahan bagi Asisten Operasi (Asops) Kapolri dalam menentukan prioritas keamanan.

Seperti beberapa wilayah yang ada di Indonesia baik di Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, Maluku, Papua, dan Papua Barat. Wilayah tersebut dinilai menjadi prioritas untuk dilakukan pengamanan.

"Ini jadi prioritas pertama dalam penanganan berkaitan dengan Operasi Lilin. Ini pengamanan kemanusiaan," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini