Mahfud MD Minta Antisipasi Teror hingga Aksi Intoleran Jelang Nataru

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 13 Desember 2019 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 337 2141450 mahfud-md-minta-antisipasi-teror-hingga-aksi-intoleran-jelang-nataru-8unLDYxUvF.jpg Manko Polhukam Mahfud MD bicara soal pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 (Okezone.com/Rizky)

JAKARTA - Mabes Polri menggelar rapat kordinasi lintas sektoral bersama dengan kementerian dan lembaga terkait dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 dengan sandi Operasi Lilin 2019.

Rapat dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Dalam paparannya ia mengatakan bahwa keamanan dan kenyamanan masyarakat harus menjadi prioritas utama.

"Operasi ini tugas wajib untuk menjamin kelancaran ibadah Natal dan Tahun Baru yang diharapkan berjalan aman dan damai tanpa gangguan apapun," kata Mahfud di Auditorium, PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Mahfud juga memaparkan beberapa hal yang menjadi atensi kerawanan dalam pelaksanan Natal dan Tahun Baru. Mulai dari ancaman terorisme, kelancaran arus mudik, serta gangguan kamtibnas.

 Ilustrasi

"Aksi-aksi ancaman teror, sweeping swasta oleh oknum tertentu, intoleransi antarumat beragama, hingga pembakaran rumah ibadah harus diantisipasi sedini mungkin," terangnya.

Ia berharap dengan adanya rapat koordinasi tersebut masing-masing pihak terkait bisa memberikan atensi dalam untuk memaksimalkan pengamanan Natal dan Tahun Baru itu.

"Mari kita pastikan bahwa penyelanggaraan ibadah keagaamaan penuh toleransi aman dan damai di seluruh tanah air agar tercipta sebagai cerminan kerukunan hidup beragama masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Rapat ini sendiri dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini