nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maju Pilwalkot Solo, Gibran Diingatkan Tak Terlena Father's Effect

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 07:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 337 2141343 maju-pilwalkot-solo-gibran-diingatkan-tak-terlena-father-s-effect-x6llwPFzLl.jpg Gibran Rakabuming Raka (foto: Okezone.com)

JAKARTA – Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka telah resmi mendafar bakal calon Wali Kota Solo via PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah. Peluang Gibran untuk memenangkan kontestasi dinilai cukup besar. Sebab, Gibran akan memperoleh ‘berkah’ dari popularitas ayahnya melalui Jokowi effect.

“Bila melihat data, 82 persen warga Solo memilih Jokowi. Tentu Jokowi effect itu juga akan turun kepada anaknya, Gibran,” kata Analis Komunikasi Politik dari Universitas Bunda Mulia (UBM), Silvanus Alvin kepada Okezone, Jumat (13/12/2019).

 Baca juga: Gibran Daftar Calon Wali Kota Solo, Puan: Ikuti Mekanisme PDIP

Alvin menilai warga Solo masih merindukan sosok Jokowi. Bila Gibran mampu menghadirkan sosok ayahnya, maka kemenangan di kota tersebut bisa ia kunci. Meski demikian, ayah dari Jan Ethes itu tidak boleh mengandalkan popularitas sang ayah semata, ia harus turun ke bawah menyapa rakyat agar meraih suara signifikan.

“Sekarang Gibran perlu blusukan keliling solo. Gibran jangan sampai terlena dengan father's effect,” tandasnya.

Di sisi lain, Alvin juga mengkritisi kebangkitan dinasti politik trah Jokowi apabila Gibran terpilih di Pilwalkot Solo. Dia menilai terbangunnya dinasti tidak jadi masalah sepanjang prosesnya dilakukan secara demokratis melalui pemilihan yang jujur dan adil.

 Baca juga: Jokowi Bantah Bangun Dinasti Terkait Gibran dan Bobby Maju Pilkada

“Namun, akan bermasalah salah satunya bila dinasti politik ini memunculkan calon tunggal. Ini tidak baik bagi demokrasi kita. Perlu ada kandidat lainnya. Jangan sampai Gibran nanti lawan kotak suara kosong,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini