SBY Singgung Politik Identitas, Demokrat: Bukan Keluhan, Tapi Masukan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 12 Desember 2019 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 12 337 2141077 sby-singgung-politik-identitas-demokrat-bukan-keluhan-tapi-masukan-2jJJnGwV9b.jpg Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai Pemilu tahun 2019 diwarnai dengan politik identitas yang melebihi takaran. Hal tersebut disampaikan SBY dalam pidatonya semalam.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan menekankan bahwa pidato SBY yang menyindir banyaknya politik identitas di Pemilu 2019 adalah sebuah masukan agar tak terulang lagi.

“Ini bukan keluhan, tetapi masukan. Fakta yang terjadi bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki,” ujar Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2019).

SBY

Dilanjutkan Syarief, SBY memandang pada pemilu kemarin banyak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan termasuk perpecahan. Karena itu, SBY memberikan masukan melalui pidatonya agar tak kembali terulang lagi.

“Ini juga harus diperbaiki ke depan,” tegas Syarief.

Lebih jauh, Wakil Ketua MPR ini berharap kedepannya agar pemilihan Presiden dan pemilihan Legislatif agar dapat dipisahkan agar menyajikan pemilu yang berkualitas.

“Legislatif dan pilpres itu dilakukan bersamaan itu juga penuh dengan permasalahan. Sebaiknya dipisah ya,” tutup dia.

Baca Juga : Jelang Pilkada 2020, Kemendagri Harap Media Giring Opini Positif

Diketahui sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai tahun 2019 penuh dinamika dan ujian. Sehingga, banyak hal baru yang dapatkan masyarakat baik yang positif maupun yang negatif.

“Yang buruk, pertama kali dalam sejarah pemilu kita diwarnai oleh politik identitas yang melebihi takarannya. Juga pertama kali terjadi banyak korban jiwa, baik karena kekerasan maupun bukan,” ujar SBY dalam menyampaikan pidato refleksi tahun 2019 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu 11 Desember 2019.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini