nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pilkada 2020, Kemendagri Harap Media Giring Opini Positif

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 12 337 2141067 jelang-pilkada-2020-kemendagri-harap-media-giring-opini-positif-xkHnZF1TSP.jpg Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar (Foto: Okezone/Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar berharap media massa saat ini turut berperan penting dalam penyiaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Salah satunya adalah untuk menggiring opini yang positif. Oleh sebab itu, Kemendagri mengimbau kepada media untuk jangan larut ke dalam isu-isu yang tidak substantif.

"Nah, saya berharap rekan-rekan media ini memang andalan kita yang mampu menggiring produksi opini positif," ucap Bahtiar usai menghadiri peluncuran Pemilu Rakyat 2020 di Gedung iNews, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

Baca Juga: Pilkada 2020, Mantan Pangdam Cendrawasih Maju di Pilkada Nias

Selain itu, Bahtiar juga menilai media memiliki peran untuk menyukseskan pemilu dari proses hingga hasilnya merupakan bagian penting. Sehingga ia mengibaratkan, jika tak ada media bagaikan sayur tanpa garam.

"Kita tentu berharap banyak kepada media, saya bilang tadi, pilkada tanpa media ibarat sayur tanpa garam. Kenapa? Ya sepi-sepi banget," ujarnya. 

Ilustrasi

Lebih lanjut, Kemendagri menyebut Pilkada yang merupakan pesta demokrasi harus melibatkan seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. Dalam hal ini peran media sangat diperlukan, tak terkecuali MNC Media.

"Jadi, jangan membawa pilkada itu sesuatu yang menyeramkan, harus riang gembira. Jadi, orang ya ada. Perbedaan gagasan silakan, media ini lah yang memberikan pendidikan bagi kita semua, gagasan di ruang publik," ujar Bahtiar.

Baca Juga: PDIP Tegaskan Tak Ada Karpet Merah bagi Gibran di Pilwalkot Solo

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini