Nasdem Sepakat dengan SBY, Politik Identitas di Pemilu 2019 Melebihi Takaran

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 12 Desember 2019 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 12 337 2141055 nasdem-sepakat-dengan-sby-politik-identitas-di-pemilu-2019-melebihi-takaran-OfQpp4jddx.jpg Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani mengaku sepakat dengan pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebutkan Pemilu 2019 diwarnai dengan politik identitas yang melebihi takaran.

"Tentu saya sepakat dengan beliau (SBY), memang Pemilu kali ini kental sekali dengan politik identitas,” kata Irma saat berbincang dengan Okezone, Kamis (12/12/2019).

Baca Juga: SBY: Pertama Kali Pemilu Diwarnai Politik Identitas Melebihi Takaran 

Lantaran kentalnya politik identitas, Irma pun tak bisa memungkiri hal itu membuat benturan di masyarakat pun terjadi. Semua itu karena ulah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin meraih sesuatu dengan menghalalkan segala cara.

“Benturan antar-pendukung agama, bahkan yang seagama tapi beda pandangan,” tuturnya.

 SBY pidato politik pergantian tahun

Oleh sebab itu, Irma sangat menyayangkan sikap oknum-oknum tertentu yang memainkan politik identias demi sebuah jabatan tertentu yang dikejarnya.

“Menurut saya ini pemilu yang mengerikan bahkan, selain soal identitas pemilu Pali ini juga seperti kembali ke masa orde baru. Bukan salah pemerintah, tapi yang salah adalah partai politik, karena demi kursi parlemen semua kembali ke politik dinasti,” kata Irma.

Baca Juga: Soal Sikap Politik, Demokrat Akan Tetap Jadi Penyeimbang

Diwartakan sebelumnya, SBY menilai tahun 2019 penuh dinamika dan ujian. Sehingga, banyak hal baru yang dapatkan masyarakat baik yang positif maupun yang negatif.

“Yang buruk, pertama kali dalam sejarah Pemilu kita diwarnai oleh politik identitas yang melebihi takarannya. Juga pertama kali terjadi banyak korban jiwa, baik karena kekerasan maupun bukan,” ujar SBY dalam menyampaikan pidato Refleksi Pergantian Tahun 2019 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu 11 Desember 2019.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini