Mendikbud Ingin Hapus UN, Ini Tanggapan MPR

Debrinata Rizky, Okezone · Kamis 12 Desember 2019 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 11 337 2140857 mendikbud-ingin-hapus-un-ini-tanggapan-mpr-lKOvlJi0ez.jpg Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim memastikan bahwa Ujian Nasional (UN) akan dihapuskan pada 2020. Keputusan itu merupakan bagian dari empat program pokok kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah mengatakan, pihaknya akan mengikuti rencana kebijakan yang sudah disiapkan oleh Nadiem Makarim.

"Kami (MPR) mengikuti kebijakan yang disiapkan beliau, termasuk didalamnya kebijakan ujian nasional," kata Basarah di Gedung iNews Center, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

 Baca juga: Soal Ujian Nasional, Menko PMK: Yang Disampaikan ke Saya Bukan Dihapus

Kata dia, pihaknya akan memberikan kesempatan kepada mantan bos ojek online itu untuk menyusun program-program barunya.

"Saya beri kesempatan untuk Mendikbud baru dalam menyusun, melaksanakan mengevaluasi serta mengontrol kebijakan nasional, terkait pendidikan nasional kita, agar betul-betul memenuhi tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa," ungkapnya

 Baca juga: Nadiem Makarim: UN Dihapus Tak Bikin Siswa Lembek, Malah Lebih Menantang

Ia pun memberi pesan kepada Nadiem untuk terus bekerja agar menghasilkan insan bangsa yang berkarakter, dan dapat mengikuti dinamika perubahan zaman yang terus berubah.

"Mari kita tunggu kinerja pak Nadiem dan pembantu-pembantunya di Kemendikbud untuk merumuskan kembali strategi pendidikan nasional yang betul-betul dapat melahirkan peserta didik, yang sesuai dinamika zaman tanpa kehilangan roh dan karakter jati dirinya sebagai generasi muda Indonesia yang berdasarkan pancasila," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini