SBY Ingatkan Jokowi Pengangguran Penyebab Utama Arab Spring

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 11 Desember 2019 21:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 11 337 2140843 sby-ingatkan-jokowi-pengangguran-penyebab-utama-arab-spring-dxLThNtily.jpg Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato politik (Foto: Okezone/Harits Tryan)

JAKARTA - Presiden keenam Indonesia sekaligus Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyoroti sejumlah isu ekonomi terkini di Indonesia. SBY berpesan kepada Jokowi agar dapat bisa belajar dari pengalaman dari persitiwa Arab Spring, yakni terjadinya gelombang unjuk rasa di dunia Arab lantaran faktor kesulitan ekonomi.

“Kita belajar dari pengalaman Arab Spring di tahun 2011 dulu. Juga terjadinya gerakan protes sosial di 30 negara tahun. Ini penyebab utamanya antara lain adalah kesulitan ekonomi dan banyaknya pengangguran,” ujar SBY dalam Pidato Refleksi Pergantian Tahun di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Baca Juga: Pemilu Baru Usai, SBY: Malu kepada Rakyat jika Nafsu Dapat Kekuasaan di 2024 

SBY berucap, peringatan kepada Presiden Jokowi itu karena data saat ini menunjukkan bahwa prosentase dan angka lulusan SMK, SMA dan Perguruan Tinggi yang menganggur relatif tinggi. “Keadaan seperti ini tentu rawan secara sosial, politik dan keamanan,” katanya.

Presiden Jokowi 

Maka dari itu, SBY ingin pemerintahan Jokowi di periode keduanya memiliki kebijakan efektif dan agresif dalam untuk mengatasi masalah pengangguran tersebut terutama bagi pencari kerja kaum milenial.

Di samping itu, SBY menyambut baik program Kartu Prakerja yang ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2020. Asalkan, program tersebut dapat dikelola dengan baik.

"Ini sebuah inisiatif yang baik. Agar tak memunculkan isu sosial di antara sesama pencari kerja, pelaksanaannya harus benar-benar transparan dan akuntabel. Diharapkan tidak salah sasaran dan bebas dari kepentingan politik pihak mana pun," ujarnya.

Baca Juga: Pidato Refleksi Pergantian Tahun, SBY Soroti 5 Isu Ekonomi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini