nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PDIP Serahkan Wacana Hukuman Mati Koruptor pada Masyarakat

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 19:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 11 337 2140784 pdip-serahkan-wacana-hukuman-mati-koruptor-pada-masyarakat-fuqdZ0Voz3.jpg Ilustrasi hukuman mati (Dok. Okezone)

JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan menyerahkan pada masyarakat soal wacana hukuman mati dijatuhkan pada para koruptor.

"Pada prinsipnya hukuman mati koruptor, PDIP menyerahkan sepenuhnya kepada kehendak rakyat. Kalau rakyat pada hari ini bersepakat penuh, bersepakat bulat itu harus dihadirkan, tentunya akan PDIP jadikan bagian dari pertimbangan yang cukup signifikan," kata Arteria yang juga Anggota Komisi III DPR RI, usai diskusi bertajuk 'Prospek Pemberantasan Korupsi Pasca Revisi UU KPK' di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).

Arteria Dahlan

Namun, Arteria berharap ada alternatif lain hukuman bagi koruptor, sebab dirinya menyakini bahwa hukuman adalah instrumen penyadaraan bukan pemberangusan. Sehingga nantinya hukuaman dapat menyelesaikan masalah bukan menghadirkan masalah baru.

"Kami punya kewajiban moral untuk memastikan sekalipun hukuman mati, nantinya dihadirkan itu benar-benar bisa membantu menyelesaikan masalah, bukan menjadikan masalah baru," tuturnya.

Kalaupun hukuman mati diputuskan untuk para pelaku koruptor, Arteria juga meminta untuk menyempurkan kriminal juctice system yang transparan dan akuntebel.

"Karena kita harus menyempurnakan dahulu bagaimana kriminal juctice sistem yang transparan akuntebel sehingga apa orang yang dipersalahkan nantinya bisa mau menerima meski dia dihukum mati," tutupnya.

Baca Juga : Firli Diharap Dapat Merombak Total Tugas KPK Sesuai UU

Sebelumnya Indonesia Corruption Watch (ICW) telah menyatakan tidak sependapat jika terpidana kasus korupsi mendapatkan hukuman mati seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi pada Hari Antikorupsi Sedunia beberapa hari lalu.

Menurut salah satu peneliti ICW, Kurnia Ramadhana, masih banyak beberapa cara yang bisa memberikan efek jera kepada para koruptor selain hukuman mati.

"Karena masih banyak cara untuk memberikan efek jera pada pelaku korupsi. Misalnya memiskinkan koruptor, memberikan vonis penjara maksimal, pencabutan hak politik," ucap Kurnia kepada Okezone.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini