nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Firli Diharap Dapat Merombak Total Tugas KPK Sesuai UU

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 19:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 11 337 2140767 firli-diharap-dapat-merombak-total-tugas-kpk-sesuai-uu-Gsb8iZuWTD.jpg Diskusi soal kinerja KPK usai terbitnya UU yang baru (Foto : Okezone.com/Achmad)

JAKARTA - Terpilihnya Komjen Pol Firli Bahuri menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan dapat merombak total kinerja KPK yang disesuaikan UU KPK.

"Yaitu supervisi, penyelidikan, penyidikan dan penuntutan, pencegahan tindak pidana korupsi, dan monitor," kata praktisi Hukum Petrus Selestinus dalam diskusi yang bertajuk Prospek Pemberantasan Korupsi Pasca Revisi UU KPK di Cikini, Rabu (11/12/2019).

Irjen Firli (Foto: Okezone)

Menurutnya, KPK sebelum adanya UU KPK direvisi, hanya menonjol pada penindakan, penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan. Namun, dalam upaya pencegahannya KPK dianggap gagal.

Meski KPK dominan dalam bidang penyelidikan, penyidikan dan penuntutan, hal itu juga dianggap masih jauh dari harapan, hal itu dibuktikan masih banyaknya kasus masih mangkrak.

"Belum lagi kasus-kasus besar yang mangkrak di kepolisian dan kejaksaan yang juga menjadi wewenang KPK untuk mengambil alih tetapi kenyataannya tidak pernah dilakukan," bebernya.

Baca Juga : AJI Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis di Hari HAM Sedunia

Karena itu, Petrus berharap UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK yang merupakan hasil revisi bisa menjadi momentum bagi pimpinan baru KPK. Ia ingin Firli Bahuri dan empat komisioner KPK lainnya bisa berbenah.

"Revisi UU KPK kali ini harus dijadikan momentum bagi Firli dan kawan-kawan untuk membuat KPK tampil lebih digdaya dan taat asas," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini