nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKB Yakin Dewan Pengawas KPK Akan Perkuat Pemberantasan Korupsi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 17:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 11 337 2140725 pkb-yakin-dewan-pengawas-kpk-akan-perkuat-pemberantasan-korupsi-vfRZ7N3gth.jpg Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memilih lima anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyambut baik kabar tersebut. Ia yakin Dewan Pengawas (Dewas) tersebut akan membuat pemberantasan korupsi menjadi lebih baik.

“Alhamdulillah, nanti Dewas yang ada akan bekerja lebih baik dalam pemberantasan korupsi,” ucap Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Dia tak sepakat dengan adanya anggapan bahwa Dewas dibentuk untuk menjadi alat kontrol pemerintah terhadap KPK. Karena menurutnya, alat kontrol Dewas berada di tangan masyarakat.

Gedung KPU. (Okezone.com)

“Tidak juga begitu. Yang jadi kontrol kan rakyat. Semuanya kan kontrol presiden juga dikontrol rakyat, DPR juga dikontrol rakyat,” tuturnya.

Wakil Ketua MPR itu meminta semua pihak berpikir positif terkait pembentukan Dewas ini. “Kita berpikir positiflah bahwa apa yang menjadi kewenangannya akan dilakukan secara maksimal,” tuturnya.

Baca Juga : Jokowi Pastikan Penunjukan Anggota Dewan Pengawas KPK Sudah Final

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengatakan penunjukan lima orang anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) sudah final.

Meski demikian, Kepala Negara belum mau mengumumkan siapa kelima orang yang akan mengawasi kinerja lembaga antirasuah. "Sudah (final-red), tapi belum (diumumkan-red)," kata Jokowi kemarin.

Baca Juga : Istana: Dewas dan Pimpinan KPK Akan Dilantik Serentak

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini