Saut Situmorang : KPK Seharusnya Penjarakan 5 Orang dalam Sehari

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 11 Desember 2019 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 11 337 2140626 saut-situmorang-kpk-seharusnya-penjarakan-5-orang-dalam-sehari-KxYxbA8Aau.jpg Wakil Ketua KPK Saut Situmorang

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang mengaku pihaknya agak kesulitan dalam melakukan penindakan. Padahal, kata Saut, KPK seharusnya bisa memenjarakan orang yang melakukan tindak pidana korupsi setiap harinya.

"Ini yang mungkin agak sulit di KPK kalau kita bicara penindakan. Apakah kita harus memenjarakan orang setiap hari? Saya bilang harus," tekan Saut saat memberikan paparan kepada Petugas Penyuluh Antikorupsi di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).

Ilustrasi

Saut membeberkan bahwa pihaknya cukup banyak menerima laporan tindak pidana korupsi setiap harinya. Kata Saut, sejauh ini ada sekira 7.000 laporan yang telah diterima KPK. Kemudian, setelah dianalisa, ada 30 persen laporan yang masuk berpotensi korupsi.

Baca Juga : Sidang Jual-Beli Jabatan, Hakim Tanya Khofifah soal Sosok Ketua Timsesnya

Karena itu, sambungnya, seharusnya KPK bisa memenjarakan lima orang lebih dalam sehari jika laporan-laporan yang masuk tersebut ditindaklanjuti. Sebab, 30 persen dari 7.000 laporan yang masuk itu berpotensi terjadinya tindak pidana korupsi.

"Ada 7.000 surat yang masuk ke KPK, 30 persen punya potensi korupsi. 30 persen dari 7.000, dibagi 365 hari dalam setahun, KPK harusnya memenjarakan 5 orang lebih sehari," terangnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini