nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temui Jokowi, Mahfud MD Laporkan Rencana Hidupkan RUU KKR

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 11 Desember 2019 13:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 11 337 2140587 temui-jokowi-mahfud-md-laporkan-rencana-hidupkan-ruu-kkr-aQKRCvudZq.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD hari ini menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Tujuannya, untuk melaporkan rencana pemerintah menghidupkan kembali RUU Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR).

"Saya laporkan semua yang dilakukan Menko Polhukam, ini rencana-rencana ada RUU KKR, Saber Pungli, Bakamla, banyak lah laporan-laporan, tapi tidak ada yang luar biasa. Laporan rutin," kata Mahfud.

Mahfud menyampaikan arahan Jokowi soal keseriusan pemerintah dalam menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM, hingga pemberantasan korupsi yang lebih efektif.

"Presiden penekanan pemberantasan korupsi di berbagai sektor, supaya lebih efektif ke depannya. Karena banyak sekali yang besar-besar belum terjamah, dan saya diminta ikut mengawal pemberantasan korupsi yang sungguh-sungguh, lalu penyelesaian kasus HAM," jelas dia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menilai, salah satu upaya pemerintah dalam menyelesaikan pelanggaran HAM dengan menghidupkan kembali KKR. Sehingga, bisa menyelesaikan kasus pelanggaran HAM yang selama ini telah berhenti.

"Karena sudah belasan tahun reformasi kita ingin menyelesaikan masalah HAM masa lalu, setelah dipetakan, ada yang sudah diadili, ada yang tidak ditemukan objek maupun subjeknya. Sehingga perlu dicari seperti apa sih kebenarannya, lalu rekonsiliasi," tuturnya.

"Kan subjek pelaku sudah tidak ada, saksi sudah tidak ada, bagaimana misalnya kalau diminta visum atas korban tahun 84? siapa yang mau visum? Petrus itu. Kan itu sudah tidak ada bukti, saksi-saksi, pelaku, seperti itu yang akan diselesaikan," kata dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini