nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 11 Desember: UNICEF Didirikan Hingga Meninggalnya Ali Alatas

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 11 337 2140458 peristiwa-11-desember-unicef-didirikan-hingga-meninggalnya-ali-alatas-VS3eOKfiXj.jpg Gedung Unicef (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Berbagai macam peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 11 Desember. Oleh karena itu, Okezone.com coba merangkum beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ini, yaitu sebagai berikut;

1. Kabupaten Blora Didirikan,1749

Blora

Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah, yakni Blora didirikan. Kabupaten ini terletak sekitar 127 km sebelah timur Semarang. Berada di bagian timur Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur.

Blora resmi menjadi daerah kabupaten pada 11 Desember 1749 dengan Bupati pertama, Wilatikta. Hingga sampai sekarang tanggal tersebut dijadikan sebagai Hari Jadi Kabupaten Blora.

2. UNICEF Didirikan, 1946

Unicef

Majelis Umum PBB membentuk Dana Anak-Anak PBB atau United Nations Children's Fund (UNICEF) pada 11 Desember 1946. Saat itu, UNICEF lahir dengan nama United Nations International Children's Emergency Fund atau Badan Internasional PBB tentang Dana Darurat untuk Anak-Anak.

Dokter Ludwik Rajchman dari Polandia pun menjadi kepala pertama dalam lembaga ini sekaligus diyakini sebagai pendiri UNICEF.

3. Pembantaian El Mozote, 1981

Pembantaian

Pembantaian El Mozote terjadi di desa El Mozote, Departemen Morazán, El Salvador pada tanggal 11 Desember 1981. Saat itu, Angkatan Bersenjata El Salvador yang dididik oleh militer Amerika Serikat membunuh sekira 1.000 warga sipil dalam kampanye anti-perang gerilya.

Pembantaian ini pun dianggap sebagai kejahatan perang terburuk dalam sejarah Amerika Latin modern. Selain itu, pembantaian ini sudah berada di titik nadir dalam Perang Saudara El Salvador yang merebak di negeri ini antara tahun 1970-an sampai 1990.

4. Meninggalnya Ali Alatas, 2008

Ali Alatas

Menteri Luar Negeri era Soeharto dan BJ Habibie, Ali Alatas meninggal dunia di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura pada 11 Desember 2008 dalam umur 76 tahun.

Sebelum wafat, ia masih menjabat sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Myanmar, Utusan Khusus Presiden RI untuk masalah Timur Tengah, dan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (edi)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini