nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 10 Desember: Uruguay Legalkan Ganja Hingga Peringatan Hari HAM Sedunia

Sarah Hutagaol, Okezone · Selasa 10 Desember 2019 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 10 337 2140007 peristiwa-10-desember-uruguay-legalkan-ganja-hingga-peringatan-hari-ham-sedunia-POQTl3KgNJ.jpg Ilustrasi Ganja (Foto: Zeenews)

JAKARTA - Berbagai macam peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 10 Desember. Oleh karena itu, Okezone coba merangkum beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ini, yaitu sebagai berikut;

1. Lampu Lalu Lintas Pertama Dipasang, 1868

lampu
(Foto: Ilustrasi Lampu Lalu Lintas)

Lampu lalu lintas pertama di dunia dipasang di bagian luar di bagian luar Gedung Parlemen di Inggris. Lampu itu dipasang oleh sarjana lalu lintas, yakni J.P Knight.

Lampu ini menyerupai penunjuk waktu (jam) dengan bentuk seperti semapur dan lampu merah dan hijau untuk malam hari. Lampu-lampu tersebut pun berasal dari tenaga gas.

2. Penghargaan Nobel Pertama Digelar, 1901

Nobel

Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang literatur, fisika, kimia dan obat-obatan pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholm pada tahun 1901

Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahunnya pada tanggal 10 Desember, yaitu tanggal wafatnya Alfred Nobel, pemrakarsa penghargaan ini.

Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan.

3. Uruguay Legalkan Ganja, 2013

Ganja

Pemerintah Uruguay memutuskan untuk melegalkan jual-beli, serta pengonsumsian ganja di negaranya. Kendati demikian, ganja di Urugay baru bisa didapatkan di apotek, tidak seperti di Belanda yang terdapat di kafe-kafenya.

4. Peringatan Hari HAM Sedunia

HAM

Hari Hak Asasi Manusia diperingati setiap tahun oleh banyak negara, termasuk Indonesia di seluruh dunia setiap tanggal 10 Desember. Ini dinyatakan oleh International Humanist and Ethical Union (IHEU) sebagai hari resmi perayaan kaum Humanisme.

Tanggal ini dipilih untuk menghormati Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, sebuah pernyataan global tentang hak asasi manusia, pada 10 Desember 1948.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini