nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korlantas Polri Waspadai Kemacetan Akibat Kendaraan ODOL

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 00:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 10 337 2139964 korlantas-polri-waspadai-kemacetan-akibat-kendaraan-odol-FI6DKdDiDK.jpg Ilustrasi Kemacetan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengungkapkan pihaknya mengantisipasi adanya kendaraan yang muatan dan ukurannya berlebihan atau dikenal dengan istilah overdimension overload (ODOL) saat memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menurut Istiono, kepadatan arus lalu lintas (lalin) terkadang bisa terjadi lantaran adanya kendaraan ODOL yang melintas dalam kecepatan rendah.

"Kerawanan lain, kecelakaan sama saja di tol ini kita penegakan hukum masalah ODOL menjadi utama karena perlambatan termasuk kecepatan," kata Istiono saat meninjau jalur Trans Jawa di Gerbang Tol Brexit, Jawa Tengah, Senin 9 Desember 2019.

Selain itu, Istiono menyebut antisipasi lainnya adalah terjadinya potensi kecelakaan di jalur Tol Trans Jawa. Kerawanan biasa terjadi ketika memasuki Kilometer (Km) titik jenuh.

Macet

Baca Juga: Sistem Kanalisasi 2-1 di Puncak Kembali Diuji, Beberapa Titik Masih Macet

Berdasarkan pengamatan titik jenuh pengemudi ketika berkendara dari wilayah Jawa ke Jakarta ataupun sebaliknya akan mulai dirasakan ketika memasuki Km 86-130.

"Jawa Tengah ini awal start ke Jakarta. Titik lelah di KM 86-130 ini juga jadi perhatian kami," ujar Istiono.

Oleh sebab itu, kata Istiono salah satu upaya yang disiapkan polisi lalu lintas untuk mengurangi fatalitas kecelakaan adalah meningkatkan sosialisasi agar berhenti sejenak untuk beristirahat ketika mengalami kantuk.

"Ada satu langkah pencegahan di 130 ada rest area kami wajibkan istirahat disana. Kami tak ada alat pantau oramg mengemudikan itu brp jam tapi kita lihat titik jenuh di km 86-130," ucap Istiono.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini