nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istirahat di Rest Area Tol Cipali Akan Dibatasi untuk Cegah Kemacetan

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 14:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 09 337 2139717 istirahat-di-rest-area-tol-cipali-akan-dibatasi-untuk-cegah-kemacetan-maFkCW13Mp.jpg Kakorlantas Polri, Irjen Istiono (foto: ist)

JAKARTA - Polri akan melakukan diskresi untuk mengatur pembatasan waktu pengendara yang beristirahat di Rest Area Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Pasalnya, hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menghindari potensi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru, yang diakibatkan penumpukan di tempat istirahat tersebut.

"Untuk yang pertama datang kami akan suruh jalan pakai waktu, ada anggota polisi yang ngatur," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono dalam tinjauan penelitian lapangan kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Rest Area Tol Cipali Km 102, Jawa Barat, Senin (9/12/2019).

Baca juga: Rawan Kecelakaan, Polri Perkuat Pengamanan di KM 86-130 Tol Cipali

Menurut Istiono, skala waktu yang paling ideal untuk pengendara melakukan istirahat di Rest Area antara kisaran 30 menit hingga 60 menit.

Untuk mempermudah pelaksanaan pembatasan itu, Istiono menuturkan, pihaknya juga berencana ingin melakukan strategi kavling terkait dengan pembatasan waktu itu.

"Kami kasih kavling. Waktunya 30 menit-1 jam lah biar tak numpuk," tutur Istiono.

Baca juga: 27 Ribu Personel Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru di Jabar

Kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Eddy Djunaedi menyebut, pihaknya juga melakukan beberapa antisipasi adanya kepadatan di seluruh Rest Area Tol Cipali.

Salah satu potensi kepadatan yang rawan terjadi diantaranya adalah diakibatkan banyaknya para pengendara yang memarkirkan kendaraannya di bahu jalan akibat penuhnya Rest Area itu.

"Kami perlu antisipasi pengguna jalan tol berenti pada bahu jalan apabila rest area tak menampung. Kami siapkan tim urai berikan imbauan sehingga bisa teruskan perjalanan di rest area berikutnya," ucap Eddy. (wal)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini