nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Gagalkan Penyelundupan Sabu 37 Kg dari Malaysia

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 13:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 09 337 2139685 polri-gagalkan-penyelundupan-sabu-37-kg-dari-malaysia-IQj8WEho2D.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA – Polisi bersama Direktorat Jenderal Bea Cukai menangkap empat tersangka peredaran narkotika jenis sabu jaringan Malaysia, Medan, dan Jakarta. Keempat pelaku adalah RY, AL, ZL, dan BM.

Wakil Direktur Tindak Pidana (Wadirtipid) Narkoba Bareskrim Polri Kombes Krisno Halomoan Siregar mengatakan, awalnya petugas menangkap RY di Pelabuhan Sarang Elang, Sumatera Utara.

Dalam penangkapan itu, RY mengaku tengah menunggu kiriman sabu dari Malaysia. Ia membayar tiga tersangka lainnya untuk mengambil narkoba di tengah laut dekat Pulau Ketam, Malaysia, menggunakan sampan.

"Kapal motor tadi titik koordinatnya dengan modus ship to ship ada kapal dari Malaysia dan dijemput di tengah laut, dengan kode lampu senter," tutur Krisno di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, (9/12/2019).

ilustrasi (Dok Okezone)

Oleh pelaku, kata dia, sabu seberat 37 kilogram ditaruh di beberapa tempat terpisah, yaitu ransel, kardus makanan, dan karung. Selain sabu, polisi juga menemukan ratusan pil jenis Yaba.

"150 butir Yaba. Ini adalah obat yang kandungannya min dan 40 persen kandungannya pil. Ini sering dikonsumsi di Indo-China," ucapnya.

Baca Juga : Asyik Pesta Sabu, 4 Pemuda Ditangkap Polisi

Adapun kepada pelaku, polisi menjerat dengan Pasal 114 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati. Pidana denda minimal Rp1 miliar dan maksimal Rp10 miliar.

Baca Juga : Bandar dan Pengedar Narkoba di Depok Ditangkap, 18 Kg Ganja Disita

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini