nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rawan Kecelakaan, Polri Perkuat Pengamanan di KM 86-130 Tol Cipali

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 13:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 09 337 2139682 rawan-kecelakaan-polri-perkuat-pengamanan-di-km-86-130-tol-cipali-LSF1e2n7KE.jpg Kakorlantas Polri, Irjen Istiono di Tol Cipali (foto: Okezone.com/Putera)

JAKARTA - Masyarakat yang hendak mudik di libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) melalui jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), diimbau untuk mewaspadai titik-titik yang rawan mengalami kecelakaan.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono mengungkapkan bahwa titik rawan kecelakaan yang sering terjadi di Tol Cipali diantara Kilometer (Km) 86 sampai 130. Oleh sebab itu, Polri memperkuat pengamanan di wilayah tersebut.

"Kami fokuskan pertama kerawanan kecelakaan di Km 86-130," kata Istiono dalam tinjauan penelitian lapangan kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Rest Area Tol Cipali Km 102, Jawa Barat, Senin (9/12/2019).

 Baca juga: 27 Ribu Personel Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru di Jabar

Berdasarkan pengamatan dan hasil evaluasi, Km 86 hingga 130 itu merupakan titik jenuh dari para pengendara. Sehingga terkadang, pengemudi mengalami rasa kantuk.

 Tol Cipali

Oleh sebab itu, kata Istiono salah satu upaya yang disiapkan polisi lalu lintas untuk mengurangi fatalitas kecelakaan adalah meningkatkan sosialisasi agar berhenti sejenak untuk beristirahat ketika mengalami kantuk.

"Ada satu langkah pencegahan di 130 ada rest area kami wajibkan istirahat disana. Kami tak ada alat pantau oramg mengemudikan itu brp jam tapi kita lihat titik jenuh di km 86-130," ujar Istiono.

 Baca juga: Polisi Berlakukan Car Free Night di Jalur Puncak pada Malam Tahun Baru

Selain itu, Istiono menuturkan, pihaknya juga akan mengerahkan Polisi Wanita (Polwan) untuk memberikan sosialisasi kepada pengendara soal bahaya dari membawa kendaraan ketika mengantuk.

Polwan itu nantinya juga akan memberikan beberapa peragaan atau peregangan tubuh kepada pemudik untuk menghindari kantuk ketika berkendara.

"Nanti Ditlantas Polda Jabar yang punya konsep dilatihkan fungsinya memimpin senam perenggangan pada waktu siang dan sore," tutur Istiono.

 

Korlantas Polri, Jasa Marga, PT L.M.S dan BBPJN VI melakukan peninjauan langsung kesiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 hari ini. Nantinya, cek jalur ini akan dilakukan sepanjang jalan Trans Jawa.

Pasalnya, kegiatan ini merupakan masuk ke dalam agenda operasi kemanusiaan demi memaksimalkan pelayanan publik dan membuat arus mudik Nataru menjadi aman dan lancar bagi masyarakat yang merayakannya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini