Soal Jubir Khusus, Sekjen Gerindra: Formalisasi agar Tertib

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 09 Desember 2019 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 09 337 2139653 soal-jubir-khusus-sekjen-gerindra-formalisasi-agar-tertib-ZmiUUmNaXW.jpg Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA – Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menjelaskan alasan partainya membentuk Juru Bicara Khusus (Jubirsus). Hal ini sebagai upaya agar Gerindra lebih tertib dalam melontarkan pernyataan publik.

“Pada hakikatnya semua kader partai itu adalah iklan partai sekaligus juru bicara partai. Karena baik buruknya partai tentu saja akan sangat dipengaruhi kader, termasuk anggota DPR. Kalau ada formalisasi mereka yang jadi jubir, mereka yang tidak jadi jubir, itu bentuk formalisasi saja supaya partai ada tata tertibnya atau tata kramanya,” ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Alasan lainnya, kata Muzani, Jubirsus yang diisi lima kader itu merupakan bagian dari penugasan. “Karena tour of duty tentu ada yang diangkat, ada yang tergantikan kira-kira seperti itu,” ucapnya.

Meskipun sudah terbentuk Jubirsus Partai Gerindra, Muzani mengaku tak mempunyai hak untuk melarang kader lainnya berkomentar. Kader lain di luar jubirsus diberikan kewenangan menyampaikan pandangannya sesuai dengan kebutuhan dan porsinya.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

“Ya di luar dari itu kami enggak punya hak untuk melarang. Karena mereka sesungguhnya punya kewenangan untuk bicara di komisinya, untuk bicara di dapilnya,” tutur Muzani.

Sekadar diketahui, Prabowo Subianto telah menunjuk lima orang sebagai jubirsus. Adapun nama yang ditunjuk menjadi jubir partai yakni Sufmi Dasco, Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani, Wakil Ketua Umum Sugiono, Ketua DPP Habiburokhman dan Ahmad Riza Patria.

Baca Juga :  Tak Jadi Jubirsus Gerindra, Fadli Zon: Saya Jubir Rakyat

Para jubirsus ini nantinya bakal menyampaikan informasi dan sikap resmi partai berlambang burung garuda itu. “Untuk memudahkan rekan-rekan media mendapatkan infomasi sikap resmi Partai Gerindra maka Pak Prabowo telah menunjuk jubir," kata Dasco.

Baca Juga : Ini Alasan Prabowo Tunjuk 5 Juru Bicara Khusus

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini