nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agus Rahardjo Pamit dari KPK

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 12:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 09 337 2139644 agus-rahardjo-pamit-dari-kpk-pqksU6Jmtp.jpg Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019 di KPK (Okezone.com/Fahreza)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berpamitan karena sebentar lagi masa jabatan dirinya bersama empat pimpinan KPK lainnya berakhir dan akan diganti dengan pimpinan baru. Ia memohon maaf bila ada kekurangan selama empat tahun memimpin KPK.

Hal itu diucapkan Agus di sela memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019), yang dibuka dibuka langsung oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

"Saya menyampaikan beberapa hari lagi pimpinan yang sekarang sedang memimpin ini akan meletakan jabatan," kata Agus.

 KPK

“Oleh karena itu, bapak-ibu mohon maaf kalau ada sekiranya dalam empat tahun kami menjalankan KPK ada hal yang kurang berkenan di hati bapak-ibu, pasti sifatnya sama sekali bukan personal, itu pasti ada tugas yang kemudian mengharuskan kami berbuat seperti itu," sambung dia.

Baca juga: Hari Antikorupsi, KPK Ungkap Selamatkan Uang Negara Rp63,9 Triliun 

Agus bersyukur dalam empat tahun terakhir Indeks Persepsi Korupsi (IPK) di Indonesia trennya positif membaik kendati pergerakannya pelan. Ia berharap di akhir tahun 2019 ini, tren positif tersebut tetap dipertahankan.

"Terakhir nilainya adalah 38 masih kita tunggu di akhir tahun ini yaitu tahun 2019 nanti akan segera diumumkan kita berharap tren naik tadi kita pertahankan," pungkas dia.

Baca juga: KPK: Korupsi Bisa Bikin Kiamat Suatu Negara

Jabatan Agus Rahardjo Cs sebagai pimpinan KPK akan berakhir bulan ini. Mereka segera diganti oleh lima pimpinan KPK terpilih untuk periode empat tahun mendatang.

Kelima pimpinan KPK terpilih adalah Firli Bahuri (Ketua), Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata selaku wakil ketua.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini