nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zulhas Disarankan Cari Dukungan Senior PAN jika Ingin Jadi Ketum Lagi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 07:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 09 337 2139532 zulhas-disarankan-cari-dukungan-senior-pan-jika-ingin-jadi-ketum-lagi-9uB5JkEVOD.jpg Zulkifli Hasan. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyarankan Zulkifli Hasan jika ingin dua periode menjadi ketua umum Partai Amanat Nasional maka haruslah bergerak mencari restu politikus senior PAN seperti Hatta Radjasa dan Soetrisno Bachir.

Baca juga: Pasca-Rakernas, Duet Mulfachri-Hanafi Rais Dijagokan Pimpin PAN 

Sebab, kata Adi, ada gelagat dari Amien Rais yang tidak merestui Zulhas kembali memimpin partai berlambang matahari terbit tersebut.

Amien Rais. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

"Tapi harus cari dukungan senior PAN lainnya, karena Amien cenderung punya calon lain. Di PAN pengaruh senior cukup kuat," kata Adi ketika berbincang dengan Okezone, Senin (9/12/2019).

Baca juga: Bima Arya: Amien Rais Ingin Tradisi Satu Periode Ketum PAN Diteruskan 

Ia menilai peluang Zulhas jadi ketum PAN memang cukup kuat. Hal itu terlihat ketika rakernas pada Sabtu 7 Desember 2019, masih banyak kader partai besutan Amien Rais tersebut yang meneriakkan dukungan kepada Zulkifli Hasan.

"Yang jelas Zulhas masih kuat didukung kader PAN," kata Adi.

Meski demikian, lanjut dia, wakil ketua MPR itu tidak boleh jemawa karena bisa saja menemui batu sandungan untuk sukses menjabat ketum PAN selama dua periode. Sebab, Zulhas harus berhadapan dengan putra dari Amien Rais yaitu Hanafi Rais.

Baca juga: 30 DPW PAN Deklarasi Dukung Zulhas Jadi Ketua Umum Lagi 

"Bisa jadi Hanafi penantang kuat. Tapi Zulhas sepertinya masih dominan karena penetrasi ke kader PAN relatif kuat," ujarnya.

Hanafi Rais. (Foto: Dok Okezone/Fahreza Rizky)

Sebagaimana diketahui, sejumlah nama dikabarkan bakal ikut berkompetisi memperebutkan kursi orang nomor satu di PAN dalam kongres yang digelar Maret 2020. Selain Zulkifli Hasan dan Hanafi Rais, ada kandidat seperti Bima Arya, Asman Abnur, dan Mulfachri Harahap.

Baca juga: Kongres PAN Digelar Maret 2020, Ribuan Kader Akan Hadir 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini