Saut Harap Firli Bahuri Cs Merawat Nilai Integritas di KPK

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 08 Desember 2019 23:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 08 337 2139450 saut-harap-firli-bahuri-cs-merawat-nilai-integritas-di-kpk-AkFZexT19E.jpg Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang berharap lima pimpinan KPK selanjutnya bisa merawat nilai-nilai yang sudah tertanam di lembaga antirasuah. Saut meminta agar Ketua KPK jilid V, Firli Bahuri dan empat wakilnya bisa berintegritas menjaga KPK.

"KPK dengan maincourse atau misi utamanya dalam mencegah dan membersihkan korupsi itu tidak bisa sendirian, kemudian datang pemmpin baru dengan proses seleksi yang sudah seperti itu, itu sudah defend, mereka tinggal dilantik, itu kita enggak bisa ditiadakan. Nah, gimana sekarang mereka berintegritas, merawat nilai yang sudah ada di KPK," kata Saut saat menghadiri rangkaian acara Hakordia di Lotte Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (8/12/2019).

Baca Juga: IPW: Jadi Ketua KPK, Firli Bahuri Tak Perlu Mundur dari Polri

Firli Bahuri

Saut meyakini jika pimpinan selanjutnya bisa merawat nilai-nilai yang sudah ada di KPK, maka Indonesia akan lebih baik. Saut melihat KPK saat ini kekurangan dari segi ekonomi. Oleh karenanya, dengan anggaran yang ada saat ini, kata Saut, KPK hanya bisa menangani sekira 200 kasus.

"Yang kurang itu kan hanya skala ekonominya, kan kami hanya bisa 200 kasus, surat yang masuk itu ribuan, yang masuk kalau memang kita ingin buat skala ekonomi yang besar, kasih KPK resources yang besar, untuk menjadi resources yang besar, KPK perlu dasar hukum yang kuat," ujarnya.

Saut mengaku sempat berdiskusi terkait lembaga antikorupsi masuk ke dalam konstitusi. Dengan demikian, kata Saut, jika KPK atau lembaga antikorupsi masuk kedalam konstitusi maka akan lebih mudah dalam menyerap APBN.

"Kalau sudah masuk konstitusi kita nanti kita lebih gampang, fleksibel berapa persen APBN. Hari ini APBN kita 2.500, KPK dikasih hanya uang kurang dari Rp1 triliun. Oleh sebab itu, saya katakan kalau memang serius kita mau masuk pada periode kelima ini mereka berlima ini harus mengembangkan," ucapnya.

Baca Juga: Firli Bahuri Terpilih Jadi Ketua KPK 2019-2023

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini