Golkar Akan Hilangkan Mahar Politik pada Pilkada 2020

Sarah Hutagaol, Okezone · Minggu 08 Desember 2019 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 08 337 2139425 golkar-akan-hilangkan-mahar-politik-pada-pilkada-2020-7bYfX9k6xE.jpg Ketua DPP Golkar, Ace Hasan (foto: Okezone.com/Sarah)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengungkapkan, tidak ada mahar politik di dalam partainya untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2020 mendatang.

Hal tersebut dikutip Ace berdasarkan pernyataan dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

"Partai Golkar dalam Pilkada 2020 itu akan meniadakan mahar politik. Itu beliau (Airlangga) beberapa kali, dan berulang kali disebutkan seperti itu," kata Ace di kawasan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2019).

 Baca juga: CSIS: Tanpa Pilkada Langsung, Sumber Rekrutmen Politik Hilang

Pasalnya, menurut Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini dengan adanya mahar politik di dalam Pilkada tersebut, dapat memberikan kontribusi besar terhadap mahalnya biaya politik itu sendiri.

"Nah yang kedua untuk memperkuat bagaimana partai politik bisa betul-betul menjadi wadah bagi rekruitmen kepemimpinan baik ditingkat nasional maupun tingkat daerah," terangnya.

 Baca juga: Mantan Wagub Sumut Ikut Berebut Rekomendasi Perindo di Pilkada Asahan 2020

Oleh sebab itu, Ace menegaskan, kalau Partai Golkar akan memprioritaskan kader-kader dari internal untuk maju pada Pilkada 2020. Sehingga Golkar bisa menjadi tempat lahirnya pemimpin daerah dan juga nasional.

"Kenapa demikian kami harus melakukan itu, karena ini bagian dari proses bagaimana partai betul-betul menjadi kawacandra di muka bagi proses kepemimpinan, baik ditingkat daerah maupun ditingkat nasional," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini