nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerindra Sebut Terpidana Korupsi Annas Maamun Layak Dapat Grasi

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2019 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 08 337 2139365 gerindra-sebut-terpidana-korupsi-annas-maamun-layak-dapat-grasi-QOHrQZo1OL.jpg Politisi Gerindra, Habiburokhman (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Juru Bicara Partai Gerindra, Habiburokhman menyebut bahwa terpidana kasus korupsi, Annas Maamun layak mendapatkan grasi atau pengurangan masa hukuman dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Annas, kata Habiburokhman, layak dapat grasi karena faktor usia dan kesehatan.

"Kalau di kasus Pak Annas Maamun saya pikir beliau sangat layak mendapatkaan grasi dari segi usia, dari segi kesehatan," kata Habiburokhman saat menghadiri acara diskusi bertema 'Hentikan Diskon Hukuman Koruptor' di Kawasan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2019).

 Baca juga: PKS Heran Terpidana Korupsi Annas Maamun Dapat Grasi

Habiburokhman menyinggung soal Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 32 Tahun 2018 tentang perlakuan terhadap tahanan maupun narapidana lanjut usia. Kata dia, dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa seharusnya Lapas untuk lanjut usia terdapat fasilitas sarana dan prasarana yang mumpuni.

"Nah apakah itu bisa berlaku untuk Annas Maamun? Saya pikir kan susah, karena setahu saya baru ada satu lapas yang khusus lansia," ujarnya.

"Apalagi beliau ini juga bukan sekedar lansia tapi usianya juga sudah diatas batas usia di Permenkumham itu 60 tahun, nah dia 80 tahun kalau engga salah 79 sekian. Jadi wajar," imbuhnya.

 Baca juga: Dapat Grasi Jokowi, Annas Maamun Ternyata Masih Tersangka Suap di Kasus Lain

Sekadar informasi, mantan Gubernur Riau yang jadi terpidana kasus korupsi, Annas Maamun mendapat grasi atau pengurangan hukuman dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Annas Maamun mendapat grasi satu tahun dari dari total tujuh tahun hukuman penjara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini