Acara #KejarMimpi Ungkap Perjalanan Karier Stafsus Presiden Billy Mambrasar

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 07 Desember 2019 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 07 337 2139141 acara-kejarmimpi-ungkap-perjalanan-karier-stafsus-presiden-billy-mambrasar-F9sLG8S4ZT.jpg Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar (Foto: Okezone/Harits)

JAKARTA - CIMB Niaga menggelar program #KejarMimpi Leaders Camp yang berlangsung di The Pallas Jakarta pada Sabtu (7/12/2019). Acara sharing session dan talkshow untuk anak muda itu turut menghadirkan tokoh inspiratif, salah satunya founder Kitong Bisa Papua, Billy Mambrasar.

Dalam kesempatan itu Billy menceritakan perjalanan kariernya untuk meraih mimpi yang ingin dicapainya. Mulai dari perjalannya untuk berkuliah di ITB yang merupakan cita-citanya.

“Dahulu saya punya cita-cita untuk kuliah di ITB. Ayah saya berusaha mencarikan uang biaya untuk saya test, sampai akhirnya mendapatkan uang tersebut. Saya test dan akhirnya kererima di ITB. Hal itu membuat bangga keluarga saya, karena orang Papua bisa dikuliah di pulau Jawa apalagi ITB,” tutur Billy.

Usai menjalankan pendidikan di ITB, Billy bekerja di salah satu perusahaan minyak yang berada luar negeri, dia kemudian berpikir apakah sudah memberikan sesuatu hal kepada negara.

“Kemudian saya memutuskan setiap kembali ke rumah saat libur bekerja, saya pulang ke rumah untuk mengajarkan anak anak sekeliling saya agar mereka dapat mengejar cita-cita mereka,” tuturnya.

Stafsus

Setelahnya, pada tahun 2009 dengan terinspirasi dari slogan Barrack Obama yakni ‘Yes We Can’, dia pun membuat yayasan Kitong Bisa untuk fokus mengurusi pendidikan anak-anak di Papua.

“Bagaimana kita dapat membantu orang lain untuk mengejar mimpi mereka. Kita bertanggung jawab terhadap orang lain untuk bagaimana mewujudkan mimpi mereka. Itu tanggung jawab kita sebagi anak bangsa,” tuturnya.

Hingga akhirnya dia pun terpilih menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Billy mengaku sempat berfikir terlebih dahulu apakah akan menerima, karena dia khawatir tak bisa secara maksimal mengurusi yayasan Kitong Bisa.

Ia pun akhirnya menerima tawaran tersebut, setelah sang ayah mendorongnya agar menerima jabatan stafsus presiden Jokowi. Dikarenakan sang ayah menilai sudah waktunya Billy untuk membantu mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia.

“Mugkin saya enggak punya kemampuan seperti orang-orang disana, saya memiliki hanya saya punya ketulusan hati. Seandainya apa yang saya bisa bantu, saya akan perjuangkan sebisa mungkin,” papar Billy.

Selain itu, Billy juga berpesan agar selalu terus mengejar mimpi setinggi-tingginya. Namun, juga harus membantu orang lain untuk mewujudkannya mimpinya.

"Terus kejar mimpi kalian dan membantu orang lain untuk mengejar mimpinya,” tutup Billy. (edi)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini