nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 7 Desember: Pearl Harbor Dibom hingga Sondang Hutagalung Bakar Diri

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 07 Desember 2019 06:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 07 337 2139052 peristiwa-7-desember-pearl-harbor-dibom-hingga-sondang-hutagalung-bakar-diri-1GZXcw1Jtg.jpg Foto dari pesawat militer Jepang menunjukkan Pearl Harbor sebelum serangan tiba-tiba dilancarkan pada 1941. (Foto : Wikimedia)

JAKARTA – Berbagai momen penting dan bersejarah di seluruh belahan dunia terjadi pada 7 Desember. Beberapa di antaranya peristiwa pengebomam Pearl Harbor hingga mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) Sondang Hutagalung bakar diri di Istana Negara

Okezone merangkum beberapa peristiwa penting pada hari ini, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org :

1941 - Pengeboman Pearl Harbor

Pengeboman Pearl Harbor merupakan serangan dadakan yang dilakukan angkatan Laut Jepang terhadap Armada Pasifik Angkatan Laut Amerika Serikat yang tengah berlabuh di Pangkalan AL Pearl Harbor, Hawaii.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu pagi, 7 Desember 1941. Serangan inilah yang memicu keterlibatan Amerika Serikat secara langsung dalam Perang Dunia II.

Serangan dimulai sekitar pukul 07.38 pagi waktu Hawai. Pangkalan AL Amerika Serikat di Peal Harbor diserang setidaknya 353 pesawat tempur, pesawat pembom, dan pesawat torpedo dari AL Jepang, dalam 2 gelombang serangan, yang diberangkatkan dari 6 kapal induk AL Jepang.

Tercatat 8 kapal tempur AS (battleship) mengalami kerusakam parah, empat di antaranya tenggelam. Serangan ini juga menyebabkan 188 pesawat terbang AS rusak dan 2.403 orang meninggal dunia, 1.178 luka-luka.

1949 - Perang Saudara Tiongkok

Ini merupakan perang sipil di Tiongkok dengan pertempuran antara pasukan yang loyal kepada pemerintah Republik Tiongkok pimpinan Koumintang dan pasukan yang loyal kepada Partai Komunis Tiongkok.

Ilustrasi. (Reuters)

Perang ini dimulai pada Agustus 1927, bersamaan dengan ekspedisi urara Chiang Kai Shek, dan secara esensial berakhir ketika pertempuran aktif utama berhenti pada tahun 1950.

Konflik ini akhirnya menghasilkan dua negara, Republik Tiongkok, di Taiwan dan Republik Rakyat Tiongkok, di Tiongkok daratan. Masing-masing secara resmi mengklaim sebagai pemerintahan Tiongkok yang sah.

1959 - Aceh Ditetapkan Daerah Istimewa

Aceh adalah provinsi di Indonesia yang beribu kota di Banda Aceh. Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus.

Aceh terletak di ujung utara Pulau Sumatera. Menurut hasil sensus BPS 2019, jumlah penduduk provinsi ini sekitar 5.281.891 jiwa.

Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Bengga di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

1975 - Timor Timur Gabung Indonesia

Timor Timur merupakan sebuah wilayah bekas koloni Portugis yang dianeksasi militer Indonesia menjadi sebuah provinsi di Indonesia antara 17 Juli 1976 sampai resminya pada 19 Oktober 1999.

Kala itu provinsi ini merupakan provinsi Indonesia yang ke-27. Timor Timur berintegrasi dengan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia setelah dijajah selama 450 tahun oleh Portugal.

Wilayah provinsi ini meliputi bagian timur pulau Timor, pulau Kambing atau Atauro, pulau Jaco dan sebuah

eksklave di Timor Barat yang dikelilingi oleh provinsi Nusa Tenggara Timur.

2011 - Sondang Hutagalung Mahasiswa UBK Bakar Diri

Sondang Hutagalung, seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Karno, Jakarta, harus meregang nyawa setelah membakar diri pada Rabu 7 Desember 2011 sore sekira pukul 17.45 WIB di depan Istana Negara.

Sondang Hutagalung. (Foto : Okezone.com/Dede Kurniawan)

Sondang merupakan Ketua Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenisme untuk rakyat Indonesia. Ia aktif dalam kegiatan "sahabat Munir". Dimata teman-temannya Sondang adalah aktivis yang sering terlibat dalam kasus pelanggaran hak asasi manusi.

Sondang dilahirkan sebagai anak bungsu dari empat bersaudara keluarga Victor Hutagalung dan Dame Sipahutar. Ayahnya bekerja sebagai sopir taksi, sementara ibunya sebagai ibu rumah tangga.

Setelah dirawat selama tiga hari di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Sondang mengembuskan napas terakhir pada 11 Desember 2011.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini