Polisi Diminta Usut Tuntas Penyelundupan Harley Davidson di Garuda

Muhamad Rizky, Okezone · Sabtu 07 Desember 2019 06:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 07 337 2139041 polisi-diminta-usut-tuntas-penyelundupan-harley-davidson-di-garuda-PgqXPReA8s.jpg Onderdil Harley Davidson yang Garuda Indonesia. (Foto : Okezone.com/Giri)

JAKARTA – Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mendorong Polda Metro Jaya mengusut tuntas kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Bromton yang dilakukan Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Ashkara.

Menurut dia, Dirut Garuda Ari Ashkara tidak cukup jika hanya dipecat dari posisinya sebagai dirut. Polisi diminta juga menangkap dan menahan Ari.

"Direskrimsus Polda Metro Jaya harus segera menangkap dan menahannya dalam kasus penyelundupan komponen Harley-Davidson, yang merugikan negara miliaran rupiah," kata Neta dalam keterangannya kepada Okezone, Sabtu (7/12/2019).

Neta mengatakan, Korps Bhayangkara itu tidak boleh tinggal diam atau tutup mata dalam menangani kejahatan, terutama yang melibatkan pejabat negara. Ia membandingkan kasus penyelundupan baju bekas yang langsung ditindak Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Pada 12 September lalu, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap enam tersangka penyelundupan pakaian bekas dari Cina di tiga tempat berbeda, yaitu di Pelabuhan Marunda, di Senen, dan Ancol. Para tersangka ditangkap dan langsung ditahan karena merugikan negara miliaran rupiah," tuturnya.

Penyelundupan Harley Davidson. (Okezone.com/Giri)

"Tapi dalam kasus penyelundupan komponen sepeda motor mewah Harley Davidson yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Ditreskrimsus belum bergerak dan masih berdiam diri. Padahal Menteri BUMN sudah memecat Dirut Garuda Ari Askhara yang diduga terlibat dalam penyelundupan, yang melibatkan perusahaan penerbangan yang dipimpinnya," tuturnya.

Neta meminta polisi menggali lebih jauh apakah kasus ini baru pertama kali dilakukan oleh dirut Garuda tersebut. Menurutnya, bisa saja penyelundupan itu sudah berulang kali dilakukan namun tidak pernah terungkap.

Baca Juga : Usut Penyelundupan Harley Davidson di Garuda Indonesia, Polisi Koordinasi dengan Bea Cukai

"Dengan demikian jajaran kepolisian bisa membongkar jaringan penyelundupan lewat pesawat udara, terutama yang melibatkan oknum pejabat tinggi. Selama ini, aksi penyelundupan lewat udara hanya sekadar isu dan sangat sulit tersentuh. Mungkin karena melibatkan orang-orang penting," tuturnya.

Baca Juga : Seharusnya Garuda Tak Tersandung Lagi!

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini