nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kasus Tersambar Petir, dari Santri Pencari Bambu hingga Petani Bogor

Debrinata Rizky, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 22:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 06 337 2138984 5-kasus-tersambar-petir-dari-santri-pencari-bambu-hingga-petani-bogor-rxizyw8RyR.jpg Ilustrasi petir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebagian besar wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan dengan intensitas yang beragam. Beberapa daerah diguyur hujan disertai kilat dan petir yang tidak kenal waktu hingga memakan korban.

Baru-baru ini terjadi di Bogor, Jaya (54), petani warga kampung Jangkar, Bogor tewas usai tersambar petir saat tengah membajak sawah dan korban mengalami luka bakar serius. Namun, kasus itu bukan kali pertama.

Okezone pun merangkum peristiwa tersambarnya petir yang mengakibatkan korban luka dan tewas di berbagai daerah. Berikut rangkumannya:

1. Dua Warga Pengandaran Tewas Tersambar Petir

Dua warga Pangandaran tewas tersambar petir di tempat berbeda pada Rabu 23 Januari 2019. Kedua korban bernama Kasman warga Dusun Kalijati RT 29/06 Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih dan Mulyadi warga Dusun Kalijati RT 02/13 Dusun Bojongkarekes, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.

Ilustrasi Foto: Ist

Kasman tersambar petir saat menderes di pohon kelapa sekira pukul 17.00 WIB. Sementara Mulyadi dikabarkan tersambar petir di muara Sungai Ciputrapinggan saat tengah mencari ikan di pinggir muara.

Saat Mulyadi berteduh, pohon kelapa tersambar petir hingga akhirnya korban meninggal dunia di tempat. Kedua korban yang tersambar petir di lokasi berbeda ini, telah disemayamkan.

2. Dua Santri Tewas Tersambar Petir saat Mencari Bambu

Lima orang santriwati Pondok Pesantren Darul Ilmi di Desa Batu Gajah, Padang Lawas, Sumatera Utara tersambar petir pada Sabtu 24 Agustus 2019, yang mengakibatkan dua orang di antaranya meninggal dunia.

Dua santriwati yang meninggal dunia bernama Riskiyah Lubis (13) dan Ika Pertiwi (13). Tiga korban lainnya, yakni Diah Permata Lubis (13), Hotma Ida Hasibuan (13) dan Sadiana Lubis (16).

Peristiwa nahas itu terjadi saat korban mencari bambu di area pekarangan pesantren, lalu hujan turun dan petir datang menyambar mereka. Keenam santriwati tersebut dilarikan ke RSUD Sibuhan untuk menjalani perawatan intensif. Namun, dua korban tak mampu bertahan.

3. Lima Petani Sumbar Tersambar Petir, Satu Orang Tewas

Peristiwa orang tersambar petir kembali terjadi. Kali ini, menimpa lima orang petani di Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, satu orang tewas.

Kejadian itu berawal saat lima korban bekerja di sawah, tiba-tiba sekira pukul 15.30 WIB hujan lebat dan membuat para korban berteduh di pondok tengah sawah.

“Kemudian, petir menyambar pondok yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan empat orang lainnya luka ringan dan luka berat,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten M. Lutfi. AR

Akibat kejadian itu, korban atas nama Yosmanto (38) meninggal. Sedangkan keempat rekannya, yakni Darlis (38),Dalinur (55) kedua korban ini mengalami luka berat dan korban dirujuk di RSUD Lubuk Basung.

Sementara korban yang mengalami luka ringan adalah Anto (25) dan Faisal (20). Korban yang meninggal dunia telah diserahkan kepada keluarga untuk disemayamkan.

4. Keluarga Petani di Tapanuli Tengah Tersambar Petir

Satu keluarga petani di Desa Aek Dakka, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, tersambar petir saat berada di pondok sawah milik mereka pada Senin 18 November 2019. Akibat peristiwa itu, satu anggota keluarga tersebut meninggal dunia.

Saat itu, hujan turun cukup deras dan petir menyala-nyala di tengah hujan. Keluarga tersebut tengah berteduh di pondok sawah, tiba-tiba terpental akibat sambaran petir. Beruntung, warga melihat kejadian itu lalu menghubungi Kepala Desa Aek Dakka untuk memberikan pertolongan.

Warga langsung memberikan pertolongan dengan membenamkan tubuh korban ke lumpur hingga korban sadar," sebut Rensa, Selasa 19 November 2019.

Korban yang tersambar petir adalah Perlianto Nadeak (33) dan istrinya Nurlela Marbun (30), serta dua orang anak mereka yakni Nadeak (7) dan Butet Nadeak (3). Sang istri Nurlela Marbun meninggal dunia seketika usai tersambar petir, sementara Perlianto Nadeak dan dua anaknya berhasil diselamatkan.

5.Petani di Bogor Tewas Tersambar Petir Usai Bajak Sawah

Petani warga kampung Jangkar, Desa Mekarwangi, Bogor tewas usai tersambar petir saat tengah membajak sawah. Korban bernama Jaya (54) mengalami luka bakar serius di bagian dada dan sekitar telinga bagian kiri.

Kejadian itu berawal saat korban hendak pulang usai membajak sawah pada Kamis 5 Desember 2019 sekira pukul 17.00 WIB. Di area persawahan, kilatan petir langsung menyambar tubuhnya dan korban langsung meninggal dunia di lokasi kejadian.

Polisi yang mendapat laporan tersebut kemudian menuju lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Saat ini, jasad korban sudah dibawa pihak keluarganya untuk selanjutnya dimakamkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini