nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi III DPR Minta Polri Usut Tuntas Kasus Penyelundupan Moge Eks Dirut Garuda

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 19:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 06 337 2138930 komisi-iii-dpr-minta-polri-usut-tuntas-kasus-penyelundupan-moge-eks-dirut-garuda-z5mLkN8r5V.jpg Moge diselundupkan Eks Dirut Garuda Indonesia (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR yang membidangi Komisi Hukum dan HAM, Ahmad Sahroni mendorong agar Kapolri Idham Azis dapat segera memeriksa Mantan Dirut Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara atas tindakan penyelundupan sepeda motor Harley Davidson dan sepeda Bromton di dalam pesawat Garuda Indonesia jenis A3390-900.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan karena penyelundupan tersebut tindakan melawan hukum dan mencoreng nama baik perusahaan sebesar Garuda Indonesia.

“Saya meminta Kapolri untuk segera memeriksa dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh eks-Dirut Garuda Indonesia Ari Askhara. Hal ini karena selain memang sudah disampaikan langsung oleh Menteri BUMN, upaya penyelundupan ini juga benar-benar merusak nama baik Garuda Indonesia yang merupakan perusahaan plat merah di tanah air,” ungkap Sahroni kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Penyelundupan oleh Dirut Garudda Indonesia

Menurutnya, tindakan I Gusti Ngurah telah merugikan negara. Karena itu, dia menyayangkan sikap Mantan Dirut Garuda Indonesia tersebut.

“Potensi kerugian negara akibat penyelundupan ini adalah 500 juta hingga Rp1,5 Miliar, karenanya, sangat penting untuk polisi agar segera mengusut kasus ini, karena ini sudah masuk ke ranah pidana,” tuturnya.

Dengan adanya tindakan tegas kepada pelaku Kepolisian terhadap pelaku tindakan penyelidikan, Sahroni meyakini akan memberikan efek jera kepada masyarakat agar tak melakukan hal serupa.

“Saya yakin bahwa tindakan tegas kepolisian dalam menangani kasus ini dapat memberikan efek jera kepada pihak-pihak yang kerap kali melakukan penyelundupan dan menyebabkan negara kita merugi,” ucapnya.

Baca Juga : KPK Bakal Ungkap Aliran Rp100 Miliar ke Pejabat Garuda di Persidangan

Baca Juga : Dirut Garuda Dipecat, Jokowi: Jangan Lagi Ada yang Main-Main!

Seperti diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir resmi memecat I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia. I Gusti Ngurah Askhara diduga sengaja menyelundupkan barang-barang Harley Davidson dan sepeda Brompton menggunakan maskapai penerbangannya.

Penyelundupan itu diungkap pihak Bea dan Cukai yang menemukan adanya laporan kejanggalan terkait barang-barang Harlet Davidson dan sepeda Brompton dalam pesawat tersebut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini