nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demokrat Sejalan dengan Jokowi soal Amandemen UUD 1945

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 19:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 06 337 2138921 demokrat-sejalan-dengan-jokowi-soal-amandemen-uud-1945-CiLrooCGjl.jpg Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar wacana amandemen UUD 1945 tak merambat ke pasal lain, seperti masa jabatan presiden.

“Kalau kami dari Demokrat, ya kita terima kasih. Karena itu sejalan dengan Partai Demokrat untuk tidak usah mengamandemen,” ujar Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Baca Juga:  Ketua DPR Ingatkan Pembahasan Amandemen UUD 1945 Agar Tak Melebar

Lagi pula, Wakil Ketua MPR itu menilai alangkah baiknya UUD tidak usah diamandemen. Kalau ingin menghadirkan amandemen untuk Garis-Garis Besar Haluan Negara, cukup dilakukan lewat undang-undang.

"Iya enggak usah. Kalau toh amandemen mau dilakukan, lewat undang-undang aja, tidak usah masuk UUD," tuturnya.

 Presiden Jokowi

Menurut Syarief, sikap Presiden Jokowi menolak amandemen apabila merambet ke mana-mana karena sudah mengerti permasalahannya. Misal, seperti mewacanakan masa jabatan presiden ditambah untuk menjadi tiga periode.

“Berarti Presiden tahu persoalan. Ya, iya dong, enggak usah dipilih tiga periode," ujar Syarief.

Baca Juga: PDIP Minta Jokowi Tak Terlalu Emosional Tanggapi Wacana Amandemen UUD 1945 

Seperti diketahui, Presiden Jokowi tegas menolak wacana penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Ia menyebut pengusul masa jabatan tiga periode tersebut sama saja ingin menampar mukanya.

"Ada yang ngomong presiden dipilih tiga periode. Itu ada tiga (maknanya) menurut saya, satu ingin menampar muka saya, yang kedua ingin cari muka. Padahal, saya sudah punya muka, yang ketiga ingin menjerumuskan," kata Jokowi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini