Mengenal Listyo Sigit Eks Ajudan Jokowi yang Jadi Kabareskrim

Maulidia, Okezone · Jum'at 06 Desember 2019 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 06 337 2138746 mengenal-listyo-sigit-eks-ajudan-jokowi-yang-jadi-kabareskrim-FFzugZ5eQ9.jpg Listyo Sigit Prabowo saat Manjabat Kapolda Banten (foto: Sindonews)

JAKARTA - Kepala Divisi Profesi dan Keamanan (Kadiv Propam) Mabes Polri, Irjen Listyo Sigit Prabowo ditunjuk Kapolri Jenderal Idham Azis untuk menjadi Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) yang saat ini kosong.

Lalu bagaimana perjalanan karir Listyo Sigit hingga dipercaya Kapolri Idham Azis untuk menjadi Kabareskrim?

Baca Juga: Kapolri Percayakan Posisi Kabareskrim ke Irjen Listyo Sigit Prabowo 

Mengutip dari laman Wikipedia, Listyo Sigit merupakan seorang polisi Indonesia yang aktif sejak 13 Agustus 2018. Pria berusia 50 tahun itu pernah menduduki jabatan penting di Indonesia, yaitu sebagai Ajudan Presiden RI Joko Widodo.

Ilustrasi (foto: Okezone) 

Tak hanya itu, Listyo Sigit juga menjabat sebagai Kapolda Banten dan terakhir menjabat sebagai Kadiv Propam Mabes Polri. Lulusan Akpol tahun 1991 itu juga kerap beberapa kali memimpin di daerah Jawa Tengah.

Listyo Sigit juga pernah menjabat sebagai Kapolres Pati, kemudian beralih jabatan menjadi Wakapolrestabes Semarang, dan terakhir Kapolres Solo.

Saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta, ia melirik Listyo Sigit untuk dirotasi ke Jakarta dan menjabat sebagai Asubdit II Dit Tipdum Bareskrim Polri. Sebelum menjabat sebagai ajudan, Listyo Sigit bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara pada Mei 2013.

Listyo Sigit mengenyam pendidikan S-2 di Universitas Indonesia. Tesis yang dipilih oleh Listyo Sigit membahas tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo dan menjadi ajudan sebagai lulusan tertua di Akademi Militer.

Listyo Sigit Prabowo juga merupakan ajudan dari TNI AD Kolonel Inf Widi Prasetijono yang pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0735/Surakarta dan Danton Grup 2 Kopassus di Kandang Menjanang, Surakarta, yang merupakan lulusan Akademi Militer di tahun 1993.

Baca Juga: IPW Prediksi 4 Nama Jenderal Polri Masuk Radar Jadi Kabareskrim 

Saat ini Listyo Sigit Prabowo dikabarkan telah terpilih sebagai Kabareskrim baru yang ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Idham Azis. Kabar ini disampaikan dalam telegram nomor ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat (6/12/2019). Surat ini tertanda tangan AS SDM Irjen Eko Indra Heri.

"Ya betul, pengisian jabatan Kabareskrim oleh Irjen Listyo Sigit Kadiv Propam," kata Kepala Biro Pembinaan Karir (Karobinkar) SSDM Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini