nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahfud MD Klaim Penanganan Karhutla 2019 Lebih Baik

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 06 Desember 2019 14:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 06 337 2138728 mahfud-md-klaim-penanganan-karhutla-2019-lebih-baik-bj4aqf6kSq.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD hari ini menghadiri rapat gabungan tingkat kementerian/lembaga tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Rapat tersebut diselenggarakan di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Mahfud mengatakan, penanganan dan pengamanan karhutla pada 2019 sudah lebih baik dibandingkan negara lain yang punya masalah serupa.

"Indonesia terhitung yang paling aman meskipun kita masih merasakan di sana sini masih ada. Itu di tahun 2019," kata dia.

Mantan Menteri Pertahanan (Menhan) itu optimistis bahwa penanganan dan pengendalian karhutla di 2020 akan lebih mudah diantisipasi. Hal itu didasarkan pada hasil evaluasi yang dilakukan kementerian/lembaga tadi.

"Tahun 2020 menurut BMKG Prof Dwikorita Insya Allah tidak akan terjadi perubahan iklim yang ekstrem. Insya Allah lebih mudah diantisipasi dan kami berdasarkan evaluasi yang dilakukan tadi alhamdulillah cukup bagus dan cukup siap dengan perbaikan beberapa catatan ke depan," jelasnya.

Karhutla 2019

Karhutla di Sumatera (Foto: BPBD Sumsel)

Hasil rapat kementerian/lembaga ini akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat khusus untuk antisipasi karhutla. Mahfud juga meminta dukungan semua pihak untuk mengampayekan antisipasi karhutla.

"Minta dukungan saudara-saudara juga untuk kampanye antisipasi ke depan. Dan kita akan segera untuk melaporkannya ke Presiden untuk nanti seperti biasanya presiden akan memimpin rapat khusus untuk antisipasi karhut yang akan mungkin bisa saja terjadi di tahun 2020," tutur Mahfud.

Rapat gabungan tingkat kementerian/lembaga ini turut dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri LHK Siti Nurbaya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis dan Kepala BNPB, Doni Monardo.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini